Skip links

Unimed Siapkan Mahasiswa Jadi Pemimpin Masa Depan

Universitas Negeri Medan melaksanakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tahun 2022. Diselenggarakan secara daring via aplikasi zoom pada Kamis (20/10). Kegiatan tersebut meliputi pelatihan keterampilan dan pelatihan pembelajaran kepada Mahasiswa agar para mahasiswa dapat memanajemen dirinya. Pelatihan Manajemen diberikan kepada kelompok mahasiswa yang telah dibagi dan dilakukan secara daring.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang ahli dan berpengalaman dibidangnya yaitu Dr. Darwin, ST., M.Pd (Wakil Direktur Program Pascasarjana) dan turut hadir Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd ,. Wakil Dekan II dan Mahasiswa pengurus organisasi kemahasiswaan sebagai peserta pelatihan manajemen kepemimpinan.

Dalam sambutanya Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd menyampaikan Sebagai mahasiswa harus membekali diri untuk menjadi pepimpin yang ideal.Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tahun 2022 ini diadakan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kreativitas yang dimiliki Mahasiswa. Sebagai calon pemimpin tentunya mahasiswa harus dapat memanajemen keterampilan dan waktu . Untuk itulah kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penyalur ide-ide kreatif Mahasiswa sehingga di masa depan ketika menjadi pemimpin dapat membuat perubahan baru dan dapat bersaing di berbagai keadaan dalam kehidupan. Semoga dengan kegiatan ini dapat mengembangkan sikap positif dan berfikir ilmiah dalam praktik berorganisasi sehingga mendapat pencapaian prestasi yang terbaik . ujar Prof. Sahat.

Selaku narasumber Dr. Darwin, ST., M.Pd menjelaskan “ Manajemen SDM adalah proses,teknik,seni mengatur dan menata sumber daya manusia melalui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengendalian dan pengembangan secara efektif dan efisien untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi organisasi secara maksimal.

Bahwa organisasi kemahasiswan merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas kemahasiswaannya berupa aspirasi, inisiasi, atau gagasan gagasan positif dan kreatif melalui berbagai kegiatan yang relevan dengan tujuan pendidikan nasional serta visi dan misi UNIMED secara organisatoris. Organisasi kemahsiswaan Unimed merupakan suatu organisasi intra perguruan tinggi yang dapat menaungi kebutuhan substansi aktivitas kemahsiswaan.
Lanjutnya, Gaya kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin dalam bersikap, berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dalam mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu. Pada dasarnya pemimpin itu tidak dibuat atau tidak diciptakan, akan tetapi dilahirkan sebagai pemimpin dan sudah ada sejak lahir.

Dr. Darwin juga mengatakan bahwa ada tiga bentuk kepemimpinan yang lazim digunakan yaitu: 1. Kepemimpinan Operasional yaitu kemampuan pemimpin menjabarkan visi,misi kedalam kegiatan operasional organisasi., 2. Kepemimpinan Organisasi yaitu: kemampuan melakukan pengembangan dan penataan organisasi atau institusi. 3. Kepemimpinan publik yaitu: Kemampuan menjalin kerjasama dan bahkan menjadi rujukan bagi public,(Humas Unimed/ms)