Skip links

Tim PKM LPPM Unimed Lakukan Kegiatan Mengatasi Genangan Air Pada Pekarangan Rumah Melalui Pembuatan Lubang Resapan Biopori

Kampung Nangka merupakan salah satu wilayah permukiman masyarakat yang berada di Kelurahan Nangka Kecamatan Binjai Utara. Masyarakat yang tinggal di kampung Nangka Dusun 2 sebagian besar memiliki luasan pekarangan yang sempit dengan tingkat pemanfaatan pekarangan masih rendah, disisi lain Ketika terjadi Musim hujan terjadi genangan air disekitar pekarangannya. Beranjak dari permasalahan yang terjadi di Kampung Nangka Dusun 2, Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan yang terdiri Dr. Rachmat Mulyana, M.Si, Ir. Meuthia Fadila, M.Eng.,Sc., Dr. Zulkifli Matondang, M.Si, dan Dr. Esi Emilia, M.Si berinisiatif untuk melakukan serangkaian kegiatan aksi dalam rangka mengatasi genangan air dan menumbuhkan pemahaman pentingnya menanam tanaman walaupun di lahan terbatas. Kegiatan PKM ini bermitra dengan Kepala Lingkungan Dusun 2 Kampung Nangka Kelurahan Nangka Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai.

Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk membantu masyarakat Kampung Nangka Dusun 2 dalam mengatasi genangan air dan menumbuhkan kesadaran untuk menanam tanaman buah-buah di pekarangan rumah. Kegiatan PKM Sesi-2 ini dikemas dalam 4 (empat) bagian. Bagian pertama, diawali sharing tentang konsep terjadi genangan air atau banjir; Bagian kedua, sharing tentang konsep manfaat pekarangan dalam pemenuhan gizi keluarga; bagian ketiga, pelatihan pembuataan lubang resapan biopori; dan bagian keempat, penanaman tanaman buah dipekarangan.

Kegiatan PKM sesi kedua ini dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Oktober 2022 di Kampung Nangka Dusun 2 Jl. Sisingamangaraja Binjai Utara, yang diikuti oleh 15 peserta. Materi yang disampaikan berupa: (a) Lubang Resapan biopori dalam Mengatasi genangan air; (b) Menanam tanaman di pekarangan sebagai upaya pemenuhan gizi keluarga; dan (c) pelatihan membuat lubang resapan biopori. Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak Sutrisno selaku Kepala Lingkungan Dusun 2 Kelurahan Nangka Kecamatan Binjai Utara. Masyarakat yang hadir cukup antusias dan interaktif dalam memberikan respon terhadap materi yang disampaikan maupun dalam mengikuti tahapan pelatihan pembuatan lubang resapan air.

Diharapkan dengan adanya program PKM ini akan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menanam tanaman di pekarangan sebagai sumber ketersediaan pangan keluarga dan konservasi lingkungan, serta akan dapat mengurangi genangan air di sekitar pekarangan rumah. Pada kesempatan tersebut Ketua tim PKM, Dr. Rachmat Mulyana,M.Si mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unimed dan Ketua LPPM Unimed yang telah memfasilitasi kegiatan serta para mahasiswa yang terlibat secara langsung: Dian Pertiwi, Nisa Iralla, Salwan Aziz Aceh, dan Muhammad Akbar.(Humas Unimed)