Skip links

Rektor Unimed Berangkatkan Mahasiswa Prodi Gizi dan Prodi PTB Peserta Outboud dan Interships Dosen ke PTPM USM Malaysia

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Dalam rangka implementasi program MBKM, Prodi Gizi dan Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan menjalin kerjasama dengan Pusat Teknologi Pengajaran dan Multimedia (PTPM) Universiti Sains Malaysia   melalui program outbound mahasiswa dan internships dosen.

Program outbound mahasiswa prodi Gizi dan Prodi Pendidikan Teknik Bangunan akan diikuti oleh 10 orang mahasiswa (masing-masing 5 mahasiswa setiap prodi), sedangkan program internships dosen akan diikuti 5 dosen Prodi Gizi dan 5 Dosen Prodi Pendidikan Teknik Bangunan pada tanggal 17-23 September 2023. Keberangkatan mahasiswa dan dosen peserta outbound dan internships ke Universiti Sains Malaysia   dilepas oleh Rektor Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd pada tanggal 15 September 2023 yang dihadiri oleh Dekan FT, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, dan Wakil Dekan 3. Ketua Prodi Gizi: Dr. Esi Emilia, M.Si dan Ketua Prodi PTB: Dr. Rachmat Mulyana, M.Si. 

Program Outboud mahasiswa dan Insterships dosen di PTPM USM meliputi kegiatan workshop, kunjungan, persembahan antar budaya dan “International Competition of Immersive Intelligent Learning in Education 2023 (ICIILE 2023)”. Khusus untuk kompetisi internasional ICIILE 2023, mahasiswa dan dosen prodi Gizi dan Prodi PTB telah mendaftarkan 11 produk inovasi media berbasis AR dan telah lolos seleksi tahap 1.

Adapun dosen dan mahasiswa yang terlibat pada program tersebut adalah: Dr. Esi Emilia, M.Si; Dra. Juliarti, M.Si; Nila Reswary Haryana, SGz, MSi   ; Yatti Sandy Destani, M.Gz  ; Caca SSi, MSi; Dr. Zulkifli Matondang, M.Si; Dr. Sarwa, MT; Dr. Rachmat Mulyana, M.Si; Dr. Syafiatun Siregar, MT; Liana Atika, S.Pd.M.Pd;   Fairuzia Bilqis Kamal, Anita Oktavia Siburian, Tamara Melisa Putri Gultom, Ghalda Nabila Rachsy,  Fakhrur Rozy Ginting, Dimas, Tari Wilanda, Rayhan Akbar Wiguna, Syaptudin dan Immanuel Panggabean.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd  menyampaikan Pertama adalah upacapan selamat atas akan dilansanakannya kegiatan Outbound dan Internships ke PTPM USM Malaysia yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Gizi dan Prodi PTB Fakultas Teknik Unimed. Kedua, saya mengucapkan terima kasih atas kolaborasi kedua Prodi dalam menggelar kegiatan baik ini. Tentu kegiatan ini sudah dirancang dan didiskusikan baik-baik di tingkat Prodi dan Fakultas. Kami pimpinan berharap agar kegiatan ini tidak hanya sebatas kunjungan dan wisata saya. Namun ada manfaat dan hasil yang akan diperoleh oleh kedua Prodi dan para mahasiswa setelah mengikuti kegiatan ini. Diantaranya seperti dokumen kerjasama antar kedua lembaga, join kegiatan antar mahasiswa kedua Prodi Gizi dan PTB FT Unimed dengan Prodi PTPM di USM Malaysia, serta join research antar dosen dan mahasiswa Unimed dan USM Malaysia. Walaupun tentunya para dosen dan mahasiswa ini selain kegiatan ini, juga akan berwisata ke Malaysia setelah kegiatan dilaksanakan. Jangan pula lebih penting wisata daripada mensukseskan tercapainya tujuan dari kegiatan ini nantinya.

Lanjut Rektor, Kegiatan yang akan saudara ikuti ini adalah Outbound dan Internships di PTPM USM Malaysia ini merupakan bentuk mensukseskan dari kegiatan MBKM yang terus digaungkan oleh Mendikbudristek. Kegiatan ini bisa dikembangkan menjadi dalam beberapa agenda, yakni student exchange, magang terbimbing lintas dosen dan kampus, short program dalam kemitraan kegiatan akademik yang sesuai, community service antar mahasiswa dan dosen, dan bentuk lain yang relevan. Saya sangat berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat dan menunjang keberhasilan akademik mahasiswa, serta dapat mensukseskan program pemerintah MBKM. (Humas Unimed)