Skip links

Kuliah Tamu Internasional Jurusan Kimia FMIPA Unimed Menilik Lebih Dalam Konsep Energi Terbarukan

Jurusan Kimia FMIPA Unimed mengadakan kegiatan Kuliah Tamu Internasional dengan topik “Researh Development on Sustainable Energy”, yang diselenggarakan di Aula Lt.10 Gedung Tower Kimia FMIPA Unimed pada hari Senin, 13 Mei 2024. Kegiatan ini mengundang Narasumber Profesor dari universitas ternama di jepang yakni Prof. Masamichi  Nishihara dari International Research Center for Hydrogen, Kyushu University serta Prof. Basuki Wirjosentono, Ph.D dari Program Magister dan Doktor Ilmu Kimia Universitas Sumatera Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FMIPA Dr. Ani Sutiani. M.Si, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan Kimia, Ketua Program Studi Kimia, Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, Kepala Laboratorium Kimia, Bapak/Ibu Guru Besar  dan Dosen serta ratusan Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Unimed.

Kegiatan kuliah tamu ini dibuka secara langsung oleh Dekan FMIPA Dr. Ani Sutiani. Dalam sambutannya Dekan FMIPA memberikan apresiasi kepada Guru Besar, dosen dan mahasiswa jurusan Kimia yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. “Indonesia memiliki potensi sumber energi yang melimpah sehingga kita perlu memahami cara mengelola dan mengoptimalkan penggunaannya baik dalam mengefisiensikan sumber energi, mengurangi penggunaan energi, dan mengedepankan konsep energi berkelanjutan. Pemahaman yang kuat tentang konsep energi terbarukan dan teknik pemanfaatan dan aplikasinya dalam kehidupan sangatlah penting bagi mahasiswa untuk dapat mencapai kompetensi di bidang ahli kimia,” terang Dr. Ani Sutiani.

Lanjutnya Dekan FMIPA menyampaikan bahwa Program Kampus Merdeka dapat dimanfaatkan oleh setiap perguruan tinggi untuk berkolaborasi dengan perguruan tingggi lain baik di dalam maupun di luar negeri, ataupun berkolaborasi dengan dunia usaha dan industri. Oleh karena itu menurutnya dengan program Kampus Merdeka perguruan tinggi dapat bersinergi dalam mengembangkan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat terkait energi terbarukan.

Dekan FMIPA Unimed mengatakan bahwa Kehadiran Prof. Masamichi Nishihara dari Kyushu University dan Prof Basuki Wirjosentono, Ph.D  dari Universitas Sumatera Utara merupakan salah satu penerapan sinergitas Program Kampus Merdeka karena itu Dekan FMIPA berharap dengan kehadiran kedua narasumber pada kuliah tamu ini dapat memberikan ilmu pengetahuan baru kepada mahasiswa dan juga dosen-dosen di jurusan kimia khususnya di Program Studi Kimia, mengenai Energi Hidrogen dan cara pengaplikasiannya dalam konteks energi berkelanjutan.

“Penggunaan hidrogen sebagai alternatif energi terbarukan diharapkan dapat memberikan solusi dari permasalahan keterbatasan energi yang ramah lingkungan serta sebagai salah satu jawaban dalam  menghadapi tantangan global terkait krisis energi dan dampak negatif perubahan iklim dan pengembangan teknologi energi berkelanjutan. Paparan dan wawasan yang akan dibagikan para narasumber akan memberikan inspirasi baru dan pandangan yang mendalam bagi kita semua. Mari kita buka hati dan pikiran kita untuk menerima pengetahuan yang akan disampaikan oleh narasumber. Saya mengajak kita semua, baik dosen maupun mahasiswa untuk aktif bertanya dan berdiskusi, sehingga kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang topik ini,” tutup Dekan FMIPA.

Dalam kuliah umum ini Prof. Masamichi  Nishihara memaparkan materi tentang Hydrogen Energy to Realize Carbon Neutral Society, sementara itu Prof Basuki Wirjosentono, Ph.D  menyampaikan materi tentang  Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC) System in Indonesia, and Related Work at A Glance.