Skip links

Siapkan Lulusan jadi Guru Profesional, Unimed Gelar PLP II Secara Daring

Lembaga Penilitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat mengadakan Kegiatan Sosialisasi Pengenalan Lapangan persekolahan (PLP II) Mahasiswa Unimed Tahun 2023 secara daring pada 25 Agustus 2023. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Unimed dan menghadirkan dua narasumber ahli yakni : Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd selaku ketua senat Unimed dan Prof. Dr. Restu, M.S. selaku wakil Rektor I Bidang Akademik Unimed.

Acara ini turut dihadiri Jajaran Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga, Wakil Dekan, dan Dosen pembimbing di lingkungan Unimed serta 210 Kepala Sekolah Mitra Universitas Negeri Medan. Jumlah mahasiswa yang mengikuti PLP II tahun ini sebanyak 3957 dari 7 Fakultas pada 33 Program Pendidikan dan 1 Program Billingual. Dengan 222 mitra sekolah dan lembaga yang dibimbing oleh 420 dosen pembimbing lapangan.

Dalam Sambutannya Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom mengatakan sosialisasi ini sungguh sangat penting kita ikuti, agar pelaksanaan PLP II bagi mahasiswa Unimed nantinya dapat berjalan dengan aman, dan sukses, serta kegiatan ini tidak akan mengganggu agenda kegiatan yang ada di sekolah-sekolah mitra nantinya. Oleh karena itu dalam kegiatan sosialisasi pelaksanaan PLP II ini mari kita rancang dan diskusikan baik-baik, kita kaji secara komprehensif, semua kendala-kendala yang mungkin bisa saja terjadi dan menjadi penghambat pelaksanaan PLP II ini.

Lanjut Rektor, Kegiatan PLP II ini merupakan kegiatan akademik berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan, atau latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, 2 serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang. Selanjutnya untuk penilaian program PLP II ini nantinya juga dilakukan oleh guru pamong dan dosen pembimbing berdasarkan pedoman dari LPPM.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengatakan delapan domain kompetensi pasca PLP II dapat menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran, menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru, sistem evaluasi yang digunakan guru. Kemudian dapat membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, latihan mengajar terbimbing serta dapat melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler dan membantu guru melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administrasi.

Prof. Dr. Restu, M.S. dalam materinya menjelaskan PLP II dan Integrasi 4 literasi yaitu untuk melihat gap antara realitas di lapangan dengan standar pendidikan, peserta PLP II harus mencari data dari berbagai sumber sehingga akan mengasah kemampuan mahasiswa dalam literasi data. Mahasiswa juga akan mengakses informasi dari literatur asing tentang pendidikan di berbagai negara sehingga melatih kemampuan literasi Bahasa. Mahasiswa dapat berinteraksi secara intensif dengan guru dan siswa sehingga dapat melatih literasi manusia. Dan mahasiswa PLP juga dapat menggunakan berbagai platform pemanfaatan IT dalam pengembangan pembelajaran di sekolah, oleh sebab itu para DPL dapat mengkondisikan aktivitas mahasiswa di sekolah untuk mengasah pengembangan literasi.(Humas Unimed/dv)