Skip links

Prodi IKOR Unimed Gelar Seminar Nasional Keolahragaan dan Rakernas Perkumpulan Prodi Ilmu Keolahragaan Indonesia

Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan   menggelar  Seminar Nasional Keolahragaan dan Rapat Kerja Nasional Perkumpulan Prodi Ilmu Keolahragaan Indonesia (P2SIKI) Tahun 2024. pada 15 Mei 2024 di Aula Lt.3 FMIPA UNIMED, Gedung Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Kegiatan ini di buka oleh Dekan FIK UNIMED Prof. Imran Akhmad turut hadir Wakil dekan 1 Drs.Zulfan Heri,M.Pd, Ketua Prodi IKOR Zulaini,SKM.,M.Kes.,AIFO, Sekretaris Prodi IKOR, Puji Ratno,S.Si.,M.Pd, Kaprodi Ilmu Keolahragaan (IKOR)  dari 22 Universitas Yaitu: UPI, UNM, UNIMED, UNCEN, UNW, UM, UMC, UNESA,UNTIRTA, UNP, UNIPMA, UNNES, STOK BINA GUNA, UNJ, UMBY, UNY, UNDIKSHA, UNSIKA, UPY, UMGO, UNIMA, UNIMUS. Dan Dosen Ikor serta  ratusan mahasisiswa jurusan Ikor

Tema yang diangkat dalam seminar nasional Keolahragaan ini adalah: “Dinamika Pengembangan Sport Science dalam perspektif Keolahragaan dan Kesehatan”. Latar belakang pemilihan tema tersebut terkait dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu keolahragaan serta teknologi di Abad 21 yang turut melahirkan perubahan ataupun pembaharuan di berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali bidang keolahragaan dan kesehatan.

Prof. Imran dalam sambutannya menyampaikan  “Saya mengucapkan terima kasih kita semua dapat hadir untuk mengikuti acara ini. Acara ini menjadi momentum penting dalam menjalin kolaborasi, berbagi pengetahuan, dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk pengembangan dunia keolahragaan di tanah air. Dalam era yang penuh perkembangan ini, peran prodi keolahragaan sangatlah penting dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas di bidang olahraga.

Oleh karena itu, mari manfaatkan momen ini untuk memperkuat jaringan kerjasama, memperbaharui komitmen, serta mengambil langkah-langkah konkret demi mewujudkan visi bersama dalam meningkatkan prestasi dan kesejahteraan keolahragaan Indonesia. mari kita jadikan seminar dan rapat kerja ini sebagai wahana untuk memperkaya wawasan, memperluas jejaring, dan memotivasi diri untuk terus berkontribusi dalam pembangunan keolahragaan. ujar Dekan FIK UNIMED.

Dengan menghadirkan 5 narasumber sebagai pembicara utama yaitu Dr.dr Rias Gesang Kinanti,M.Kes (Universitas Negeri malang),Mustika Fitri,PhD (Universitas Pendidikan Indonesia), Prof.Dr.wilda Welis,SP,M.Kes (Universitas Negeri Padang), Bapak Prof.Dr.Fajar Apollo Sinaga,S.Si.,M.Si.,Apt.,AIFO (Universitas Negeri Medan), Mohammad Arif Ali,S.Si.,M.Sc (Universitas Negeri Semarang).

Zulaini, SKM., M.Kes., AIFO selaku ketua panitia pelaksana kegiatan mengatakan  Disamping seminar ini ada 44 orang pemakalah pendamping dari berbagai institusi yang turut berpartisipasi dalam acara seminar ini. Dan dilakukan juga rangkaian kegiatan seperti Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa dan kejuaraan senam irama mahasiswa tingkat nasional yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seperti universitas negeri medan, universitas negeri semarang, universitas negeri surabaya, sekolah tinggi olahraga dan kesehatan Bina Guna Medan, universitas pendidikan indonesia, universitas singaperbangsa karawang, universitas pendidikan ganesha, universitas negeri padang serta universitas negeri malang. Telah hadir juga di tengah-tengah kita para ketua program studi ilmu keolahragaan dari seluruh indonesia yang sangat luar biasa telah memberikan kontribusi yang besar untuk pengembangan ilmu keolahragaan.

Mustika Fitri,PhD dalam Pemaparanya Menjelaskan bahwa Keterlibatan Atlet muda Inklusif dengan Fatd Analisis Psikologis tentang motivasi, persepsi kualitas dan kepuasan. Penelitian ini mengeksplorasi keterlibatan atlet dalam olahraga inklusif yang menggunakan Teknologi (FATD) melalui pendekatan psikologis, penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi, persepsi kualitas, dan tingkat kepuasan yang dialami oleh para atlet dalam penggunaan teknologi ini. Penggunaan Teknologi dalam Latihan memiliki manfaat yang terbukti banyak, dan menguntungkan kinerja serta performa fisik atlet (1-5). (Humas Unimed/ms).