Skip links

Ratusan Mahasiswa Antusias Ikuti ONMIPA Tingkat Unimed Tahun 2023

Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) Tingkat Unimed Tahun 2023 secara luring yang diadakan di Ruang Aula Lt. 4 Gedung Digital Library Unimed pada Selasa (04/04). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. dihadiri Wakil Dekan III dari seluruh Fakultas dan Kajur di lingkungan Unimed beserta Dosen, Juri Olimpiade dan Mahasiswa Peserta Olimpiade.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara tersebut wakil Rektor III menyampaikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini. “Seluruh pimpinan Unimed mendukung dan mensupport secara full pelaksanaan ONMIPA ini, semoga nantinya kita mendapatkan grafis yang meningkat dalam prestasi ONMIPA dari tahun ketahun. Sehingga diharapkan tim ONMIPA Unimed pada tahun ini mampu mencapai ke ONMIPA tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 – 17 Juni 2023 mendatang. Doa dan harapan kita bersama kiranya kegiatan ONMIPA-PT 2023 mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa juga meningkatkan prestasi mahasiswa Unimed baik ONMIPA tingkat wilayah maupun nasional serta memberikan manfaat bagi kita semua” tuturnya.

Peserta yang mengikuti ONMIPA pada tahun ini berjumlah 269 mahasiswa, FMIPA sebanyak 223 peserta, Fakultas Teknik sebanyak 46 mahasiswa dengan bidang lomba matematika, fisika, biologi dan kimia, kegiatan berlangsung selama satu hari. Materi yang diujikan pada seleksi ini disusun oleh Dosen tim Juri yang memiliki pengalaman dalam kancah Olimpiade.

Tri Andri Hutapea, S.Si., M.Sc., sebagai Ketua Panitia pelaksana kegaiatan menyampaikan pada laporannya ONMIPA ini merupakan salah satu program pusat prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Yang beretujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan daya tarik MIPA ditengah-tengah masyarakat juga meningkatkan motivasi belajar mahaiswa dibidang MIPA, meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa di bidang MIPA, meningkatkan kualitas pembelajaran dibidang MIPA, memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi khususnya dibidang MIPA dan mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi dibidang MIPA. “Melalui kegiatan ini nantinya akan di seleksi 5 mahasiswa terbaik untuk setiap bidang lomba dan selanjutnya di didaftarkan ke BPTI sebagai utusan mahasiswa Unimed untuk mengikuti seleksi ONMIPA tingkay LLDIKTI I, Wilayah Sumatera Utara, yang dijadwalkan pada tanggal 22 – 25 Mei 2023 secara daring”, kata Tri Andri.(Humas Unimed/js)