Skip links

Civitas UNIMED Antusias Ikuti Buka Puasa Bersama di Masjid Baiturrahman Kampus UNIMED

Selama bulan suci ramadhan 1444 H, BKM Masjid Baiturrahman Kampus Unimed secara terprogram mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama setiap harinya. BKM menyediakan makanan, minuman dan snack ringan untuk buka puasa bersama warga civitas Unimed yang hadir ke masjid. Menurut laporan pengurus BKM masjid kampus Unimed, dari hari pertama puasa, hingga hari ke-8 puasa Ramadhan, yang hadir untuk mengikuti buka puasa bersama terus bertambah. Mayoritas yang hadir adalah mahasiswa, masyarakat sekitar masjid dan sebagian dosen dan tendik di lingkungan Unimed. Pada acara buka puasa bersama hari ke-8 puasa, yang hadir sampai  500 an orang. Dari jumlah yang hadir ikut buka puasa bersama di masjid kampus Unimed ini, menunjukkan antusias warga Unimed dan masyarakat sekitar terus meningkat.

Ikut hadir dalam acara buka puasa bersama 8 ramadhan pada kamis, 30 Maret 2023, Ketua BKM Dr. H. Thamrin, M.Si. Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, para Wakil Dekan di FIS, para dosen dan tendik di lingkungan Unimed dan ratusan mahasiswa dan warga sekitar kampus.  Semua yang hadir pada acara buka bersama di masjid kampus Unimed, mayoritas mereka aktif mengikuti ibadah sholat tarawih dan mengikuti pengajian Ramadhan.

Ada beberapa agenda kegiatan yang dirancang oleh BKM Masjid kampus Unimed selama di bulan suci Ramadhan, diantaranya ; mengadakan buka puasa bersama setiap sorenya, sholat tarawih bersama di lanjutkan pengajian Ramadhan, pengajian Ramadhan setelah sholat zuhur, nuzulul qur’an di 17 ramadhan, dan kegiatan keislaman lainnya.

Dr. H. Thamrin, selaku ketua BKM mengatakan kami merasa senang karena antusias civitas warga Unimed dan masyarakat sekitar yang hadir mengikuti buka puasa bersama di masjid Baiturrahman Kampus Unimed setiap harinya terus maningkat, yang awal Ramadhan dihadiri 150 warga, naik 200 an, 300 an dan hari ini di 8 ramadhan hadir mencapai 500 an warga civitas dan warga sekita kampus yang hadir. Kami mengucapkan alhamdulilah dan terima kasih atas dukungan pimpinan universitas, dan pimpinan fakultas serta para dosen di jurusan, karena telah bersedia menyisihkan sebagian rezeki untuk di inpaqkan sebagai dana penyediaan makanan, minuman dan snack ringan untuk mensukseskan acara buka puasa bersama setiap harinya di masjid kampus Unimed. Jadi sumber dananya untuk pelaksanaan buka puasa bersama ini adalah dari inpaq-inpaq para dosen di semua jurusan yang kita jadwal secera bergantian dari awal Ramadhan hingga akhir Ramadhan nanti. Kami doakan semoga inpaq-inpaq bapak/ibu dosen di semua jurusan akan dibalas ribuan kebaikan dan kemudahan rezeki dari Allah SWT, apalagi di bulan puasa ini inpaq setiap muslim pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT. Kami juga BKM Masjid kampus Unimed, setiap Ramadhan 1444 H akan mengadakan berbagai kegiatan keislaman, dengan tujuan agar mendorong warga muslim Unimed untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah, agar meraih ketaqwaan, karena taqwa lah sebaik-baik bekal bagi kita umat yang beriman kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, saat usai mengikuti acara buka puasa bersama pada 8 ramadhan, Alhamdulilah acara buka puasa hari ini berjalan dengan sukses dan saya lihat semua yang hadir merasa senang dan bahagia, karena bisa buka puasa bersama dengan teman-teman sesama mahasiswa, dosen, tendik dan warga sekitar kampus. Semoga pelaksanaan buka puasa bersama di masjid Unimed akan semakin sukses dan dapat mendorong yang hadir untuk ikut serta dalam sholat tarawih dan kegiatan keislaman lainnya, sehingga ibadah puasa tahun ini yang kita laksanakan dapat membentuk diri kita menjadi insan yang bertaqwa dan insan yang mampu bermanfaat bagi sesama.(Humas Unimed)