Skip links

LSP Unimed Gelar Diklat Asesor Kompetensi Lembaga Sertifikat Profesi

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unimed menyelenggarakan Diklat Asesor Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi yang dilaksanakan di ruangan Aula lt 4 Digital Library pada 6-10 Februari 2023. Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Rektor I Unimed Dr. Restu, MS. dan dihadiri Dekan FT FIP, FIS dan FMIPA Unimed dan Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Unimed.

Pada kegiatan diklat ini mengundang para Master Asesor langsung dari BNSP yakni Budiman Arief Lubis, S.Kom., M.M., H. Aiyu, ST., Dra. Hj. Henny S. Widyaningsih, M.Si., dan Dra. Esti Wahyuni, M.Pd.

Wakil Rektor I Unimed Dr. Restu, menyampaikan pada sambutannya, “Kami sangat berterima kasih atas terselenggaranya diklat Asesor ini, Kami juga sebagai pimpinan Universitas sangat mendukung kegiatan resmi ini, agar kinerja kita semakin bagus. Juga nantinya menghasilkan tenaga-tenaga asesor kompetensi yang mampu melaksanakan penilaian dan uji kompetensi terhadap peserta uji dalam ruang lingkup kompetensi teknis sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dra. Hj. Henny S. Widyaningsih, sebagai master Asesor menyampaikan bahwa pelatihan asesor ini berfungsi untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih dan kini memasuki era revolusi industri 4.0. Tujuan akhir dari pelatihan ini adalah mencetak asesor kompetensi yang berlisesni nasional (Sertifikasi BNSP). Pelatihan yang berdurasi 40 jam ini dilaksanakan dengan model materi ceramah, diskusi dan paling besar porsinya adalah pemberian tugas mandiri. Pelatihan ini membutuhkan konsentrasi dan kondisi fisik yang baik.

Ketua LSP Unimed melaporkan pelatihan ini diikuti sebanyak 24 calon asesor yang berasal dari para dosen di lingkungan Unimed. Para dosen tersebut akan disiapkan untuk menjadi asesor yang akan melakukan asesmen kepada mahasiswa, terutama mahasiswa program vokasi. (Humas Unimed/bg).