Skip links

LPPM UNIMED Gelar Bimtek HKI dan Produk Inovasi

Dalam rangka untuk mendukung aktivitas penelitian dan PPM bagi para peneliti khususnya Dosen, LPPM Unimed mengadakan kegiatan Bimtek Kekayaan Intelektual dan Produk Inovasi (Drafting Paten). Kegiatan diselenggarakan di Ruang VIP Lantai IV, Gedung Digital Library Unimed, (31/08/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris LPPM Unimed Dr. Hesti Febriasari, M.Hum. dalam sambutannya mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk sama – sama belajar membuat grafik paten yang berkaitan dengan HKI. “ Semoga melalui bimtek ini dapat menambah wawasan bagi peserta bimtek yaitu para peneliti,” ujarnya.

Nazaruddin T. Lopa Direktorat Paten dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual sebagai narasumber kegiatan tersebut dalam paparannya menjelaskan beberapa hal pokok yang dimiliki spesifikasi paten yaitu, mendeskripsikan uraian invensi, klaim, abstrak dan gambar. “Paten adalah Hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya,” jelasnya.

Lanjutnya Nazaruddin mengatakan “Dalam tahapan untuk menulis spesifikasi paten dibutuhkan / diperlukan melakukan penelusuran (searching), pembuatan gambar (biodata), penulisan klaim, penulisan deskripsi dan penulisan abstrak. Dalam hal ini diperlukan tips – tips membuat spesifikasi paten seperti, mengetahui invensi tentang apa, searching, dan jika ada gambar tentukan bagian-bagian elemennya dan notasikan lalu kembangkan menjadi suatu klaim, membuat ringkasan invensi dan abstrak,”.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan seluruh dosen Unimed dipenelitian skema terapan dan terapan inovasi. (Humas Unimed/js)