Skip links

7.984 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB UNIMED 2022

Sebanyak 7.984 orang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Negeri Medan (PKKMB UNIMED) melalui livestreaming youtube UnimedTV dan disiarkan langsung dari Gedung Pusat Administrasi Unimed. Acara tersebut dilaksanakan selama dua hari, pada 11-12 Agustus 2022. Dimulai dengan hari pertama dengan mengundang narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dari Ketua Senat Unimed, Mayor (Inf) Ida Bagus Putu Mudita dari Pabandya Komsos Sterdam I/BB dan Drs. Soritua Sihombing, M.Pd dari BNN Provinsi Sumut. Hari kedua, dilaksanakan di Fakultas masing-masing melalui virtual zoom.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. menyebutkan peminat yang ingin masuk menjadi mahasiswa Unimed tahun 2022 ini ada 57.843 orang melalui seleksi yang sangat ketat dari tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Saat ini Unimed memiliki 81 Program Studi, diantaranya 1 Prodi D3, 53 Prodi S1/D4, 2 Prodi Profesi, 19 Prodi S2 dan 6 Prodi S3. Dari 81 Prodi yang kita miliki, terdiri dari 48 Prodi sudah memperoleh akreditasi “A”, 5 prodi akreditasi “Unggul”. Sementara 16 Prodi akreditasi “B”, 3 Prodi akreditasi “Baik Sekali”, 9 Prodi akreditasi “Baik”, dan ada 6 Program Studi Baru. Dari data tersebut menunjukkan bahwa Unimed telah memiliki 65% akreditasi “A” (unggul) artinya bahwa Unimed telah memenuhi salah satu persyaratan untuk menjadi PTN-BH.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Unimed telah mengambil kebijakan dalam mengimplementasikan “Merdeka Belajar” dalam kurikulum mulai tahun lalu. Mahasiswa Baru Unimed akan diberi pilihan untuk kuliah 3 (tiga) semester di luar program studinya, yakni ; Belajar 1 (satu) semester pada program studi lain pada kampus yang sama, belajar 1 (satu) semester dalam program studi yang sama pada kampus yang berbeda, dan belajar 1 (satu) semester pada lembaga non perguruan tinggi, seperti BUMN, perusahaan-perusahaan, dunia industri dan dunia kerja lainnya. Saudara semua mahasiswa baru, memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti program “Merdeka Belajar” selama studi di Unimed. Kemudian proses perkuliahan kita semester ini akan kita laksanakan secara blended learning, yakni sebagian matakuliah daring dan luring, dikarenakan kondisi pandemi yang belum berakhir. Mari kita berdoa, semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa kuliah tatap muka secara full.

Rektor melanjutkan, “Unimed merupakan salah satu kampus terbaik di provinsi Sumatera Utara. Kampus ini merupakan perguruan tinggi negeri yang pertama meraih akreditasi A di tahun 2016, kemudian disusul USU tahun 2018 dan UMSU tahun 2019. Pada Agustus 2020 yang lalu, Unimed menjadi perguruan tinggi peringkat 29 dari 2136 kampus yang ada di Indonesia. Ribuan mahasiswa Unimed telah berhasil mengukir prestasi tingkat internasional, nasional dan regional. Baru saja kemarin 3 Agustus 2022, paduan suara mahasiswa Unimed berhasil meraih 4 medali emas pada event Internasional Choir Festival di Bali yang diikuti oleh 28 negara. Medali emas di ASIA’s Art Festival 2022 di Singapura, Medali Perak di Innoverse Expo 2022 di Amerika, dan Medali Emas, Perak dan Perunggu di International Walisongo Science Competition 2022 di Indonesia, serta ratusan prestasi mahasiswa Unimed di tingkat regional, nasional dan Internasional. Kami berharap besar kepada semua saudara anak-anak kami mahasiswa baru Unimed tahun 2022, agar mempersiapkan diri secara serius dan matang. Semoga melalui saudara semuanya, prestasimahasiswa Unimed akan semakin meningkat. Unimed siap menghantarkan saudara menuju gerbang prestasi dunia.” (Humas Unimed/eo)