Skip links

Dosen Unimed Lakukan Pelatihan Pengembangan Ternak Sapi Dan Kambing Melalui Mesin Pencacah Rumput

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (UNIMED) telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada kelompok budidaya ternak modern di Jl. Batang belimbing Desa Durian Dusun II, Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN), tim LPPM UNIMED, yang diketuai oleh Henry Iskandar, M.Pd.T, dan dua orang anggota, yaitu Dr. Muslim, ST., M.Pd dan Nur Basuki, S.Pd., M.Pd., M.Pd.T beserta mahasiswa prodi pendidikan teknik mesin.

Henry Iskandar, S.Pd., M.T sebagai ketua tim bertindak langsung memberikan pelatihan kepada masyarakat, memberikan pelatihan mengoperasikan mesin pencacah rumput. Pemanfaatan mesin pencacah rumput tersebut dapat melatih SDM masyarakat dalam pengembangan ternak sapi dan kambing, karena dengan menggunakan mesin pencacah rumput dalam penyajian pakam lebih efektif, mudah dan hemat waktu.

Kades dalam sambutannya menuturkan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya, atas perhatian dan komitmen Universitas Negeri Medan dalam mengupdate SDM kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian di desanya ini. Pelaksanaan sosisalisasi dan pelatihan serta penyerahan 1 buah mesin pencacah rumput ini menjadi bukti kepedulian dan komitmen Universitas Negeri Medan kepada masyarakat. Harapanya para peternak sapi dan kambing didesanya ini bisa memaksimalkan manfaat dari segala hal yang telah diberikan oleh LPPM dan tim dosen Universitas Negeri Medan.

Ketua Tim Pengabdian Henry Iskandar, S. Pd., M.Pd.T juga mengatakan, kegiatan ini menurut mitra merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk membatu upaya mengembangkan ternak sapi dan kambing, menambah pengetahuan mitra (SDM) dalam mengembangkan ternak sapi dan kambing dengan efektif dalam pengadaan pakan ternaknya, Anggota Tim Pengabdian (PKM) Nur Basuki, S.Pd., M.Pd., M.Pd.T juga menambahkan, dari hasil evaluasi kegitan PKM yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi, pelatihan dan penyerahan mesin pencacah rumput dimanfaatkan dengan baik dan dapat meningkatkan pendapatan mitra kegiatan. (Humas Unimed)