Skip links

Tim PKM Unimed Dampingi PKK Desa Medan Estate Memanfaatkan Kain Perca Sebagai Souvenir

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan melakukan pendampingan bagi Ibu-ibu anggota PKK di Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang  untuk mengembangkan keterampilan memanfaatkan kain perca/limbah kain untuk dijadikan souvenir yang bernilai ekonomi.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh TIM PKM yang terdiri dari Dr. Novida Yenny, M.Si sebagai Ketua Tim dan Anggota Tim terdiri dari Dr. Farihah, M.Pd., Pebri Astuti, S.Pd M.Pd dan Arief Wahyudi, S.H., M.H. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Ny Nurli Asdat Lubis selaku Ketua TP PPK Desa Medan Estate. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan potensi ekonomi Ibu-ibu PPK di Desa Medan Estate dengan menghasilkan souvenir yang bernilai jual dari kain perca atau limbah kain yang banyak tersedia di sekitar Desa Medan Estate.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak Juni lalu berlangsung dalam 5 tahapan, yakni tahap sosialisasi (15 Juni 2022), tahap menjahit dan membuat souvenir (19 Juli 2022), praktik mandiri (27 Juli 2022), pelatihan marketing dan membuka toko online di salah satu ecommerce (4 Agustus 2022) dan pameran dan bazar karya souvenir yang dihasilkan yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2022.

Pada rangkaian kegiatan ini juga disampaikan bantuan berupa 1 Unit Mesin Jahit untuk PPK Desa Medan Estate dari Tim PKM yang disaksikan oleh TIM Pendamping dari LPPM Unimed. Novida selaku ketua Tim PKM menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas dukungan dan keterlibatan penuh Ny Nurli selaku ketua TP PKK dalam menggalang dan mengarahkan anggota PKK yang dipimpinya. Ny Nurli berharap kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan agar hasil yang diperoleh bisa dimaksimalkan. (Humas Unimed)