Skip links

Rektor Unimed Berangkatkan 4739 Mahasiswa KKN 2022 di 5 Kabupaten

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. secara resmi berangkatkan Mahasiswa KKN Unimed melalui Virtual Zoom Meeting pada Jum’at, (22/7) dan dilakukan penyerahan Kepada Bupati di masing-masing Kabupaten kemudian diteruskan kepada masing masing Kepala Desa oleh koordinator DPL KKN. Turut mengikuti acara tersebut Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor Unimed, Dekan dan Wakil Dekan, , Ketua Jurusan, Ketua Prodi, Dosen Pendamping Lapangan, Bupati Kabupaten Deli Serdang, Bupati Serdang Bedagai, Bupati Labutan Batu Utara, Bupati Pakpak Barat dan Bupati Samosir, Lurah dan Kepala Desa, serta Mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, melalui kemitraan Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah hingga pemerintah Desa/Kelurahan sebagai salah satu perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi. KKN ini merupakan mata kuliah wajib 3 SKS yang harus diambil oleh semua mahasiswa Unimed disemester 7, dan menjadi kegiatan intrakurikuler bagi mahasiswa dalam bentuk pengabdian di masyarakat. Pelaksanaan KKN mahasiswa Unimed tahun 2022 ini dilaksanakan di 5 kabupaten mitra di Sumatera Utara, yakni Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, Labutan Batu Utara, Pakpak Barat dan Samosir. Kelima pimpinan daerah ini secara intensif kita sudah beberapa kali diskusi dan mufakat bersama dengan Bpk Bupati, dan kita sudah merancang bersama apa yang akan dilakukan oleh para mahasiswa Unimed saat nanti melaksanakan KKN di 5 daerah tersebut.

Sebelum pemberangkatan mahasiswa KKN dilaksanakan telah dilakukan pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan dan pembekalan mahasiswa. Pembekalan DPL dilaksanakan di tingkat Universitas pada tanggal 28 Juni 2022 dan pembelakan mahasiswa di 5 Kabupaten dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juli 2022, dengan nara sumber dari masing masing Kabupaten untuk menjelaskan Profil dan potensi Desa Mitra KKN dari masing masing Kabupaten serta penjelasan teknis pelaksanaan KKN dari Tim LPPM Unimed. Mahasiswa peserta KKN tahun 2022 sebanyak 4739 orang dari 7 fakultas dengan 266 DPL.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan KKN sebagai proses pembelajaran bagi mahasiswa melalui berbagai aktivitas secara langsung di masyarakat, dan secara aktif dan kreatif terlibat menjadi bagian dari masyarakat. Keterlibatan mahasiswa dalam KKN tidak hanya memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dari masyarakat, juga memberi pengaruh positif terhadap pengembangan optimalisasi potensi yang dimiliki desa, sehingga memberi warna baru dalam pembangunan masyarakat secara positif yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Diharapkan agar mahasiswa memiliki komitmen dalam melaksanakan KKN, memiliki kepribadian yang baik, dan dapat bekerja sama dengan pembimbing dan mitra, serta menjaga nama baik Unimed di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa mampu mengembangkan sikap professional dan tanggungjawab sehingga pelaksanaan KKN dapat berlangsung lancar, aman dan sesuai tujuan. Semua program yang disusun tentunya menyesuaikan kebijakan pemerintah daerah, dan kebijakan Lurah dan Kepala Desa. Pelaksanaan KKN mahasiswa Unimed setidaknya melibatkan 4 (empat) elemen penting yaitu mahasiswa, masyarakat, Pemerintah Desa/Kelurahan dan Unimed, kita berharap keempat komponen ini saling bersinergi sehingga pelaksanaan KKN ini bermanfaat untuk setiap elemen sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Unimed akan maju dan dicintai oleh masyarakat, jika kehadiran kita dinanti oleh masyarakat luas, terutama masyarakat Sumatera Utara. Oleh karena itu, pelaksanaan KKN mahasiswa Unimed tahun ini harus juga bisa menjadi aktivitas terprogram yang dapat membantu pemerintah daerah dan masyarakat luas, dalam memberikan solusi dan jawaban terbaik atas permasalahan dan kendala yang dialami oleh masyarakat.

Rektor Unimed berpesan kepada mahasiswa untuk melakukan yang terbaik saat KKN di masyarakat, dan berbaurlah dengan masyarakat secara luwes. Pada dasarnya dalam pelaksanaan KKN mahasiswa ini, pembimbing berperan sebagai fasilitator perkembangan individu, sehingga diharapkan mahasiswa secara aktif mengembangkan diri, mengatasi masalah, dan mengambil keputusan secara mandiri selama pelaksanaan KKN tahun ini. Pembimbingan bertujuan untuk memberikan petunjuk dalam pelaksanaan dimulai tahap observasi, penyusunan rencana program, pelaksanaan program dan pelaporan hasil kegiatan sebagai laporan akhir pelaksanaan KKN. Pembimbingan juga dilakukan untuk membangun karakter mahasiswa, sehingga dapat menyesuaikan diri dan berkolaborasi dengan masyarakat.

Jamalum Purba, M.Si. mengatakan peserta KKN merupakan mahasiswa angkatan 2019 yang telah memenuhi persyaratan akan mengikuti KKN di 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Deli Serdang 21 Kecamatan pada 67 Desa, Kabupaten Samosir 9 Kecamatan pada 35 Desa, Kabupaten Pakpak Bharat 7 Kecamatan pada 35 Desa, Kabupaten Serdang Bedagai 15 Kecamatan pada 46 Desa, Kabupaten Labuhan Batu Utara 6 Kecamatan pada 43 Desa. Pelaksanaan KKN ini setara dengan 3 sks. Mahasiswa peserta KKN tahun 2022 sebanyak 4739 orang dari 7 fakultas dengan 266 DPL. Harapan kami kiranya mahasiswa peserta KKN dan DPL dapat menjaga nama baik Unimed selama pelaksanaan KKN ini berlangsung. (Humas Unimed/eo)