Skip links

UPT Kearsipan Unimed Gelar Bimbingan Teknis Implementasi e-arsip Untuk Arsiparis

UPT Kearsipan Universitas Negeri Medan menggelar kegiatan “Bimbingan Teknis Implementasi e-arsip untuk Arsiparis di Lingkungan Unimed” yang diadakan di Laboratorium UPT TIK 22 Juli 2022. Kegiatan ini di buka oleh Kepala UPT Kearsipan Dra. Sri Mutmainnah, M. Si, dan dihadiri oleh seluruh arsiparis dan pengelola arsip di lingkungan Unimed yang berjumlah 31 orang.

Kepala UPT Kearsipan Dra. Sri Mutmainnah, M. Si, Pada saat membuka acara menyampaikan “Untuk melaksanakan amanat Peraturan Presiden tentang system pemerintahan Elektronik, Universitas Negeri Medan melaksanakan penyimpanan arsipnya dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Dengan Penglolaan Arsip yang baik maka semua informasi yang terekam didalam arsip akan terjaga , dan tentunya harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Lanjutnya” Sistem Informasi Kearsipan Dinamis adalah Suatu aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis di lingkungan Arsip Nasiomal Republika Indonesia (ANRI), demikian juga UNIMED. Selain itu implementasi SIKD ini akan sangat mendukung kinerja UNIMED terutama berkaitan penyediaan data akuntabilitas dan akreditasi perguruan tinggi serta prodi”.

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dikatakan bahwa untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan public yang berkualitas dan terpercaya di perlukan system pemerintahan berbasis elektronik. Selanjutnya Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik adalah penyelenggaraaan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komukasi untuk layanan pengguna SPBE.(Humas Unimed/ms)