Skip links

Dosen FT UNIMED Tingkatkan Kemampuan Penyusunan Soal HOTS Guru SMK Kota Medan

Pada tanggal 18 dan 21 Juni 2022, Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan yang diketuai oleh Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., dengan anggota Dr. Zulkifli Matondang, M.S.i., Dr. Eka Daryanto, M.T., Sapitri Januariyansah, S.Pd., M.Pd., dan Haryani Pratiwi Sitompul, S.E., M.Si. serta 5 orang mahasiswa melakukan Pelatihan Penyusunan Soal HOTS kepada guru SMKN 14 Medan dan SMKS Al-Fattah. Kegiatan pelatihan ini dilandasi oleh kebutuhan guru SMK dalam penyusunan soal HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Guru SMK masih kesulitan untuk menyusun dan menganalisis butir soal HOTS yang baik dan benar.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua waktu dan tempat yang berbeda. Pertama pada tanggal 18 di SMKN 14 Medan yang disambut langsung oleh Bapak Arbi Pasaribu, M.Pd. sebagai Wakil Kepala SMKN 14 Medan. “SMKN 14 Medan sangat membutuhkan pelatihan dan pendampingan guru dalam penyusunan soal HOTS dimana kegiatan ini sejalan dengan rencana program pelatihan yang akan dilaksanakan SMKN 14 Medan.” Ujarnya. Kedua pada tanggal 21 kegiatan pelatihan dilakukan kembali untuk Guru SMK Al-Fattah yang didampingi oleh Perwakilan Yayasan SMKS Al-Fattah Bapak Ir. Hensfoko. “SMKS Al Fattah telah lama menantikan pelatihan dari Universitas Negeri Medan yang memiliki kapabilitas di bidang pendidikan untuk dapat melatih guru SMKS Al-Fattah dalam mendesain pembelajaran, menyusun soal dan menganalisis butir soal HOTS”.  Tuturnya dalam sambutan kegiatan. Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. sebagai pakar di bidang desain instruksional dalam sambutannya menjelaskan bahwa “Profesi dengan tugas terberat adalah menjadi seorang guru dimana guru harus mampu merencanakan pembelajaran sejak satu semester sebelum pembelajaran dimulai. Aspek yang perlu dipersiapkan mencakup desain sistem instruksional, bahan ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, instrumen pengukuran yang telah teruji dan mengarah kepada HOTS”.

Kegiatan pelatihan ini mencakup 3 topik besar yaitu Desain Sistem Instruksional, Penyusunan Soal HOTS, dan Analisis Butir Soal HOTS dengan bantuan aplikasi Anates 4.0. Sebanyak 70 orang peserta yang berprofesi sebagai guru mengikuti pelatihan, masing-masing 40 orang dari SMKN 14 Medan dan 30 orang dari SMKS Al-Fattah. Kegiatan berjalan dengan sangat kondusif dan interaktif. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Banyak pertanyaan yang terlontar seperti “Bagaimana konsep dasar dalam penyusunan Soal HOTS untuk siswa dengan karakteristik yang berbeda?” dan “Parameter apa saja yang perlu diperhatikan dalam analisis butir soal?”.

Akhirnya, kegiatan pelatihan berjalan sesuai yang direncanakan. Seluruh peserta diberikan tugas mandiri untuk menyusun soal HOTS , mengujicobakannya, menganalisis butir soal HOTS, dan merevisi soal dengan total waktu pelatihan 33 JP. Selanjutnya, Tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan akan melakukan pendampingan kembali terhadap hasil tugas mandiri guru sebelum tahun ajaran baru berlangsung dengan harapan proses pembelajaran yang akan berlangsung memiliki kualitas yang baik dan terencana.(Humas Unimed)