Skip links

Tim LPPM UNIMED Bersama Mitra Mengembangkan Laboratorium Mini Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Pada Anak Usia Dini

Tim PKM LPPM UNIMED mengadakan kegitan pengembangan laboratorium mini untuk meningkatkan keterampilan berfikir pada anak usia dini di RA AL-AMIN jalan Prof. HM yamin SH No.482 Medan Perjuangan Kota Medan Sumatera Utara. Pada Bulan Maret – Juli 2022. Adapun tim PKM yang melaksanakan Pengembangan laboratorium Mini tersebut diketuai oleh Tiur Malasari Siregar S.Pd, M.Si yang beranggotakan Srinahyanti, S.Pd., M.Pd, Suci Frisnoiry, S.Pd, M.Pd, Sri Lestari Manurung S.Pd, M.Pd serta 7 orang mahasiswa yakni Santi Karla Silalahi, Zahrah Fathinnisa Putri, Ratna Ardita Sari, Ade Wahyuni Siregar, Indah Veronika Susanti Tarigan, Putri Khairiah, Julia Ningsih Nasution mahasiswa yang terlibat berasal dari prodi Pendidikan matematika dan prodi Pendidikan ekonomi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh ibu Yayasan RA AL- Amin Rosweini Merry Kasim S.Psi dan kepala sekolah Dra. Mazdalifah Lubis didampingin oleh 10 orang guru yang bertugas mendampingin dalam pengembangan laboratorium mini serta dari perwakilan LPPM Unimed. Tiur Malasari Siregar S.Pd, M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan ini di laksanakan menjadi empat tahapan. Tahap pertama adalah melakukan observasi terkait permasalahan mitra di dalam mengajar dan meningkatkan berfikir dan kreatif berfikir anak di lanjutkan dengan tahap kedua dengan tahap pelaksanaan, pada tahap pelaksanaan ini PKM melakukan perancangan pengembangan laboratorium mini untuk meningkatkan keterampikan berfikir anak, disini juga tim PKM mengembangkan video pembelajaran terkait penggunaan laboratorium mini seperti pengenalan fenomena alam, pelagi dalam gelas, perubahan warna, tumbuhan butuh air, Kembali jernih, Tekanan udara, air berjalan dan ditahapan pelaksanaan ini juga akan menghasilkan sertifikat atas pelatihan pembuatan media Pembelajaran. Untuk tahap ketiga tim melakukan monitoring dan evaluasi atas pengembangan laboratorium mini serta pembelajaran media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berfikir pada anak usia dini yang di lanjutkan dengan tahap keempat yaitu tahap tindak lanjut atas kegiatan yang telah dilakukan dalam tahapan ini tim PKM melihat implemantasi pengembangan teknologi lain dalam meningkatkan pembelajaran dan implementasi dalam skala yang lebih luas.

“Pada kesempatan ini kami dari tim PKM unimed akan menyerahkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk laboratorium mini, baju laboratorium, video pembelajaran untuk meningkatkan kreatifitas berfikir anak usia dini” ujar Tiur Malasari Siregar S.Pd, M.Pd dalam acara pembukaan pelatihan.

Tim Progran Kemitraan Masyarakat Unimed sangat mengharapkan peserta (guru-guru RA Al – AMIN) dapat mempraktekkan dan memanfaatkan fasilitas yang telah di berikan oleh Tim PkM, sehingga dapat menambah pengetahuan dan kreatifitas berfikir anak usia dini dalam belajar. Dikarenakan  RA AL-AMIN sangat membutuhkan pelatihan-pelatihan untuk menambah wawasan guru dan meningkatkan kreatifitas berfikir anak usia dini.(Humas Unimed)