Skip links

LSP Unimed Gelar Workshop Penulisan Skema Kompetensi Sertifikasi

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unimed menyelenggarakan Workshop Penulisan Skema Kompetensi Sertifikasi di Serbaguna Fakultas Teknik Unimed, pada Jum’at (15/7). Dalam rangka penambahan lingkup skema sertifikasi LSP Unimed Tahun 2022. Dengan mengundang narasumber Drs. Hidir Efendi, M.Pd. selaku Ketua LSP Unimed dan Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. selaku Dekan FT Unimed. Dihadiri oleh puluhan dosen se-lingkungan Unimed yang akan merancang Skema Kompetensi Sertifikasi.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. mengatakan bahwa LSP Unimed bukan milik FT Saja, namun Milik Universitas Negeri Medan, semua Fakultas dapat menggunakannya. Walaupun kita tidak bisa kita pungkiri, bahwa FT Unimed yang melahirkan LSP Unimed pada mulanya. LSP Unimed ini merupakan Wadah Sertifikasi Kompetensi Kerja bagi Mahasiswa Unimed agar memiliki surat pendamping ijazah atau sertifikat kompetensi agar lulus kita bisa berdaya saing dan memiliki kompetensi yang siap pakai. Harapan kami mudah-mudahan dalam pembuatan skema, semua dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang kita rancang dan dapat memenuhi kebutuhanmahasiswa kita sehingga ketika mereka lulus mereka dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya.

Dalam paparannya Drs. Hidir Efendi, M.Pd. menjelaskan pentingnya sertifikasi kompetensi. Sertifikat yang berisi bukti atas penguasaan kompetensi kerja pada jenis profesi tertentu dari BNSP. Kemudian sertifikat tersebut diberikan oleh lembaga yang berwenang di bidang terkait, seperti organisasi profesi atau LSP. Sebagian sertifikat ini hanya berlaku untuk periode tertentu, sedangkan sebagian lain bisa diperbarui tanpa batas waktu selama persyaratannya terpenuhi dan sertifikat kompetensi berlaku di berbagai bidang, seperti bisnis, teknologi, pendidikan, dan lainnya. Kita harapkan dosen-dosen kita untuk menyusun Skema Kompetensinya dan dapat menjadi Assesor Profesional yang dijadikan rekomendasi dari BNSP. (Humas Unimed/eo)