Skip links

Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023: Transformasi Matematika dan Teknologi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju

Matematika, selain menjadi bahasa universal, juga adalah fondasi dari hampir semua inovasi dan kemajuan di dunia ini. Dari rumus sederhana hingga teorema kompleks, matematika membantu kita memecahkan masalah, memahami alam semesta, dan mewujudkan mimpi-mimpi yang tampak tidak mungkin menjadi sesuatu yang nyata, untuk itu Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Unimed melaksanakan Seminar Nasional Matematika dengan tema “Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju” pada 9 Nov 2023 di Aula Lt.3 FMIPA UNIMED, Gedung Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Janson Naiborhu, M.Si. Guru Besar Matematika ITB, Mangaratua Marianus Simanjorang, M.Pd., Ph.D. Dosen Pendidikan Matematika UNIMED dan Ahmad Isnaini, M.Pd., Guru Berprestasi Nasional. Kegiatan ini diikuti oleh 376 peserta baik secara offline maupun online dari berbagai daerah di Indonesia, dengan rincian Pemakalah Offline 118, Pemakalah online : 32 orang, Non Pemakalah offline : 136 orang, Non Pemakalah Online : 90 orang.

Dekan FMIPA Prof. Fauziyah Harahap, M.Si, mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada narasumber dan panitia yang telah menyelenggarakan seminar nasional. Tema seminar nasional kali ini sangat menarik karena membahas transformasi matematika dan teknologi menuju generasi matematika unggul untuk pendidikan. Seminar ini juga menjadi ajang di mana kita dapat berbagi pengetahuan, menggagas ide-ide baru, dan memupuk semangat untuk menjadikan matematika sebagai alat transformasi kehidupan kita. Kami berharap bahwa pengalaman yang kita dapatkan di sini nantinya akan membawa kita menuju masa depan yang lebih cerah dan penuh harapan.

Prof. Dr. Janson menjelaskan pemodelan matematika Machine Learning (AI) dan pengajaran Matematika bahwa matematika masa depan pengunaannya dalam industri berkembang pesat dan matematikawan telah memberikan kontribusi pada keunggulan teknis dan penghematan biaya melalui pemodelan, analisis dan komputasi yang cerdas, sehingga matematika bukan hanya untuk para ilmuwan dan insyinyur lagi tetapi semua orang di dunia saat ini perlu memahami beberapa konsep matematika dasar untuk bertahan hidup. Seiring perubahan teknologi matematika berkembang, tanpa matematika teknologi sebagai kunci modernisasi tidak akan terbayangkan.

Susiana, S. Si. M. Si selaku ketua panitia pelaksana kegiatan mengatakan Matematika dan teknologi adalah dua kekuatan yang saling terkait dalam mengubah wajah pendidikan, keduanya dapat berkolaborasi untuk menghasilkan pendidikan matematika yang lebih baik dan relevan dengan kebutuhan masa kini. Transformasi matematika mengedepankan inovasi pembelajaran matematika yang didukung oleh teknologi, pengembangan kurikulum yang responsive terhadap perubahan zaman serta membantu mewujudkan generasi matematika unggul yang akan membawa Indonesia maju dalam persaingan global.(Humas Unimed/dv)