Skip links

Dosen PGSD FIP Unimed Inisiasi Program Multiliterasi Komunitas Literasi Peradaban Rumah Intuisi Tanjung Pura

Salah satu wujud implementasi tridharma perguruan tinggi bagi dosen adalah melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Menyikapi ini, dosen PGSD FIP UNIMED turut ambil bagian melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di Kec. Tj. Pura Kabupaten Langkat. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Masjid Azizi Tj. Pura, Minggu 11 Juni 2023. Adapun program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan adalah “Pendampingan Program Multiliterasi Komunitas Literasi Peradaban Rumah Intuisi Desa Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat”. Program pengabdian ini diinisiasi oleh Prof. Dr. Wildansyah Lubis, M.Pd., Lala Jelita Ananda, S.Pd., M.Pd., Faisal, S.Pd., M.Pd., dan Try Wahyu Purnomo, S.Pd., M.Pd. yang notabene-nya merupakan dosen PGSD FIP UNIMED. Program ini juga didampingi langsung oleh tim dari LPPM UNIMED dan mengikutsertakan mahasiswa sebagai wadah mengasah keterampilan diri berinteraksi dengan masyarakat secara langsung.

Program ini fokus pada pengembangan keterampilan dan sikap yang berkaitan dengan pengembangan literasi dasar bagi anak-anak di Tj. Pura. Program ini juga didukung oleh Pembina Program Keluarga Harapan (PKH) Tj Pura dengan menghadirkan anak-anak di sekitaran Masjid Azizi Tj. Pura sebagai peserta. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan berupa pendampingan literasi baca tulis & numerasi melalui aktivitas mendongeng, literasi sains melalui praktik pembelajaran IPA sederhana bagi anak-anak, dan literasi budaya melalui lomba mewarnai pakaian adat Melayu dari Kab. Langkat. Semua peserta yang terlibat antusias mengikuti seluruh tahapan kegiatan hingga akhir acara dan memperoleh respon yang sangat baik dari masyarakat.

Muhammad Supawi, M.Pd., penggiat sekaligus founder Komunitas Literasi Peradaban Ruman Intuisi Desa Pematang Tengah Kec. Tj. Pura Kab. Langkat memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas terselanggaranya program pengabdian yang dilaksanakan. “Terimakasih kepada tim Dosen PGSD FIP UNIMED yang telah memberikan donasi dan melaksanakan pengabdian di komunitas ini, semoga fasilitas yang diberikan bermanfaat dan mejadikan komunitas ini semakin tumbuh berkembang. Hadirnya tim dosen PGSD FIP UNIMED memberikan motivasi kepada kami untuk selalu bersemangat dalam memberikan edukasi literasi kepada masyarakat Langkat umumnya.” Tuturnya, dalam sambutan di awal acara. Dalam hal ini, tim pengabdian kepada masyarakat memberikan bantuan berupa gerobak baca, sejumlah buku fiksi, dan peralatan menggambar yang bisa digunakan oleh komunitas dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Menyahuti sambutan founder Komunitas Literasi Peradaban Rumah Intuisi, Prof. Dr. Wildansyah Lubis, M.Pd. mengatakan bahwa program pengabdian ini dilakukan sebagai wujud nyata kepedulian UNIMED melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang berhubungan langsung dengan pemberdayaan masyarakat di berbagai daerah. “Kami tentu memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak/Ibu penggiat komunitas literasi peradaban yang dengan hati terbuka terpanggil mencerdaskan anak bangsa melalui program literasi bagi anak-anak dan remaja di Tanjung Pura.

Apalagi ini merupakan swadaya sendiri tanpa bantuan dari berbagai pihak, namun bisa mandiri melaksanakan program literasi di Tanjung Pura. Semoga, kegiatan ini bermanfaat dan terus berkesinambungan di masa mendatang”, pungkas Prof. Dr. Wildansyah Lubis, M.Pd. Kedua pihak sepakat, akan terus melakukan program kolaboratif ke depannya berkaitan dengan penguatan program literasi berbasis masyarakat di Tj. Pura.(Humas Unimed)