Skip links

HMJ PPKN FIS Unimed Gelar Workshop dan Seminar Mata Kuliah Metodologi

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PPKN Fakultas Ilmu Sosial  Unimed Menggelar Kegiatan Workshop dan Seminar Mata Kuliah Metodologi Penelitian Ilmu Sosial, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.   Dengan tema “Mewujudkan Mahasiswa Yang Kreatif dan Inspiratif Dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah”. yang dilaksanakan di gedung Digital Library Universitas Negeri Medan (11/11/2022).

Acara tersebut mengundang narasumber diantaranya Hikmawan Syahputra, S.IP., M.A,  dari Universitas Medan Area, Dr. Sri Yunita, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Negeri Medan, dan Jamaludin, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Negeri Medan.Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Jurusan PPKN FIS Unimed Arief Wahyudi, S.H., M.H.  diikuti ratusan peserta yang terdiri dari Dosen,,Tenaga Pendidik dan Mahasiswa.

Seminar dan Workshop ini bertujuan untuk : (1). Melatih menulis karya tulis secara terstruktur dan sistematis, (2). Melatih dan mengembangkan keterampilan membaca yang efektif. (3). Meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan. (4). Meningkatkan sarana transformasi ilmu pengetahuan.

Menulis adalah upaya menaklukkan sesuatu, melalui tulisan ilmiah maka penaklukan dilakukan secara prosedur ilmiah dengan prinsip rasioanal, kritis, argumentatif dan sistematis. Menorehkan kata demi kata menjadi sebuah kalimat merupakan fashion akademisi yang diwajibkan dalam mengungkapkan sesuatu, baik itu kaidah, dalil, teori dan konsep. Wujud dedikasi intelektual yang murni adalah menulis dengan menyampaikan sesuatu yang benar dan baik kepada publik. Lewat tulisan tersebut umat akan mendapati pengetahuan dan informasi yang tepat dan mencerahkan.

Pada matakuliah metodologi penelitian ilmu sosial telah diungkap bagaimana prosedur dan langkah-langkah dalam membuat blue print, sehingga kegiatan workshop ini merupakan tindak lanjut dari kemapanan calon intelektual muda dalam menulis illmiah.

Dalam sambutannya Ketua Jurusan PPKN  FIS Unimed Arief Wahyudi, S.H., M.H.  menyampaikan Sangat  mengapresiasi dan berterima kasih kepada  panitia yang telah menyelenggarakan Workshop dan Seminar ini yang merupakan kegiatan mata kuliah yang  pertama dilaksanakan. Kegiatan ini membukakan banyak pintu-pintu untuk kegiatan yang positif.  Mudah – mudahan bisa meningkatkan kualitas kedepan  dan manfaat yang luar biasa. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi terkait mewujudkan mahasiswa yang kreatif dan inspiratif dalam menulis karya tulis ilmiah. Berharap semua peserta dapat menyimak materi yang disampaikan dan mudah-mudahan bisa direalisasikan.

Dalam kegiatan ini, Hikmawan Syahputra, S.IP., M.A juga menyampaikan bahwasanya Menulis adalah pekerjaan yang sering disebut mudah tapi sulit, artinya mudah dilakukan jika ada hasrat dan kemauan, dan sulit jika tidak ada kemauan. Biasanya sulit untuk memulai tetapi mudah jika sudah terbiasa. Orang yang sudah terbiasa menulis akan merasa gelisah jika tidak melakukan kegiatan menulis. Sebagaimana pekerjaan profesional lainnya, maka menulis perlu latihan dan keberanian untuk salah dan gagal.(Humas Unimed/ms)