Skip links

FMIPA Unimed Gelar Webinar Penguatan Kurikulum OBE Tahun 2022

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggelar webinar secara daring Penguatan Kurikulum Outcome Base Education (OBE) Tahun 2022 pada Selasa (25/10). Kegiatan ini menjadi jawaban kebutuhan dunia pendidikan dalam menghadapi kecepatan pemanfaatan teknologi dan produksi inovasi. Yang dimna kecepatan ini telah memperbesar jarak antara tenaga kependidikan dengan kebutuhan sumber daya manusia di  dunia kerja dan masyarakat.

Unimed khususnya fakultas FMIPA terus berupaya untuk menerapkan dan meningkatkan kurikulum Outcome Base Education (OBE) dengan baik dan benar agar mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan baru sebagai persiapan menujulevel global dan persiapan di dunia kerja.

Kegiatan ini di buka oleh Rektor Universitas Negeri Medan Dr. Syamsul Gultom,SKM., M.Kes. dan menghadirkan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed) dan Endah Retnowati, Ph.D (Dosen FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta), dan juga diikuti oleh Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si, Wakil Dekan I, II, III, dan seluruh Dosen di lingkungan FMIPA Unimed.

Dalam Sambutannya, Rektor Unimed mengatakan Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, kompetensi dan skill mahasiswa harus kita siapkan secara terencana dan maksimal, agar sesuai dengan kebutuhan zaman. Kurikulum yang kita terapkan di Prodi kita tidak hanya link and match dengan dunia industri dan dunia kerja. Penyusunan dan pelaksanaan kurikulum OBE menjadi penting harus segera kita laksanakan, agar kegiatan akademik yang kita lakukan di Unimed ini sesuai dengan harapan stakeholders, berdasarkan kemajuan zaman dan perubahan pasar kerja.

Lanjut Rektor, Saya berharap pedoman yang sudah disusun oleh tim di kantor wakil rektor I tentang Kurikulum Outcome Base Education (OBE), dapat menjadi acuan bagi Bapak ibu ketua program studi bersama ketua jurusan dalam menyusun kurikulum OBE di masing-masing Prodi dilingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kita sama-sama berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam penyusunan dan implementasi kurikulum OBE di semua Prodi di lingkungan FMIPA Unimed. Sehingga akan ada kesatuan dan keseragaman dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis OBE di FMIPA UNIMED, yang muaranya agar kita dapat melahirkan lulusan yang unggul, berdaya saing, dan siap kerja pasar global.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menjelaskan pendekatan desain kurikulum dan pengajaran yang berfokus pada apa yang harus dapat dicapai mahasiswa pada akhir kuliah dan bagaimanakah ketercapaian dari kurikulum kita kepada mahasiswa. Outcome Base Education (OBE) Memfokuskan dan mengatur segala sesuatu pada sistem pendidikan yang ada agar semua mahasiswa dapat berhasil di akhir pengalaman kuliah mereka. konsep OBE dapat berjalan dengan maksimal apabila terdapat penerapan analisis, perancangan, pengembangan, pelaksanaan, monitoring hingga evaluasi. Penyusun kurikulum haruslah dosen yang mengerti dan fokus pada body of knowledge.

Endah Retnowati, Ph.D untuk meningkatkan kualitas dari kurikulum yang kita selenggarakan ini maka dengan demikian pendidikan juga akan meningkat kualitasnya. Karena tidak mungkin sebuah pendidikan itu kualitasnya meningkat kalau pelakunya (tenaga pendidik) tidak meningkatkan kualitas kurikulumnya. Maka akhir dari Outcome Base Education (OBE) itu adalah mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi dinuanya saat ini.(Humas Unimed/dv)