Skip links

4 Tim Mahasiswa FMIPA Unimed Berhasil Meraih Prestasi di PKM AMLI 2022

Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Medan berhasil meraih prestasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI) 2022 yang dilaksanakan oleh Asosiasi MIPA LPTK Indonesia secara daring pada 20 Oktober 2022 yang bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. PKM AMLI 2022 telah dilaksanakan melalui berbagai rangkaian dari bulan Juli 2022 lalu. Pada bulan juli 2022 lalu 13 tim mahasiswa berhasil lolos untuk mengikuti tahap akhir lomba. Setelah melalui berbagi rangkaian akhirnya pada malam pengumuman 4 tim mahasiswa FMIPA UNIMED berhasil memperoleh prestasi.

Adapun rincian dari 4 tim mahasiswa yang berhasil memperoleh prestasi adalah Juara Harapan I skim PKM – RE diketuai oleh Sulandari (Fisika) beranggotakan Muhammad Aizri Fadillah/Pendidikan Fisika dan Rangga Prasetyo Darmawan/Fisika dibimbing oleh Dr. Rita Juliani, M.Si dengan judul Dinamika Kualitas Perairan Pantai Pulau Karang, Juara II pada skim PKM – K diketuai oleh Alek Candra Sinaga/Pendidikan Matematika beranggotakan Yuli Masita Sari/Pendidikan Matematika, Vebrina Adnin/Pendidikan IPA, dan Fadillah Rahmadana/Fisika dbimbing oleh Dr. Rita Juliani, M.Si dengan judul Mutiara Anggur Laut (Caulerpa racemosa) Anti Aging, Juara II pada skim PKM- GFT diketuai oleh Febriani Putri Keren Goni/Pendidikan Fisika beranggotakan Helen Safaringga/Pendidikan Fisika dan Putri Aprillia/Pendidikan Fisika dbimbing oleh Dr. Alkhafi Maas Siregar, M. Si dengan judul Smart Freshwater System: Integrasi Desalinasi Polyacrylate Graphene dengan Memanfaatkan Artificial Intelligence Guna Mewujudkan SDGs, dan terakhir Juara Harapan II di skim PKM – PI PM diketuai oleh Fadillah Rahmadana/Fisika beranggotakan Rini Juliani/Fisika, Sulandari/Fisika, dan Alek Candra Sinaga/Pendidikan Matematika dibimbing oleh Dr. Rita Juliani, M.Si dengan judul Dimensi Kaligrafi Ranting Teh (Camellia Sinensis) Sidamanik.

Dekan FMIPA, Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si mengucapkan selamat kepada mahasiswa FMIPA yang telah berhasil meraih prestasi di ajang ini, “Kami mengucapkan selamat dan merasa bangga kepada mahasiswa FMIPA dan seluruh dosen pendamping yang telah berhasil membawa pulang prestasi ini. Kepada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi terus tingkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis sehingga dapat menulis proposal PKM yang menarik baik untuk PKM yang diadakan oleh Belmawa maupun PKM yang diadakan AMLI. Kepada bapak/ibu dosen terus bimbing dan berikan motivasi kepada mahasiswa agar dapat mengembangkan bakat mereka baik dalam penulisan PKM maupun prestasi lainnya. Kepada mahasiswa yang belum berhasil menang di lomba ini jangan berkecil hati terus tingkatkan kemampuan sehingga bisa berprestasi di lomba nasional dan internasional lainnya,”ujar Prof. Fauziyah. (humas Unimed/zr)