Skip links

Dosen Unimed Memeberikan Pelatihan Ensambel Gendang Telu Sendalenen Bagi Remaja di Desa Barus Jahe, Kabupaten Karo

Dosen Unimed memberikan pelatihan Gendang Telu Sendalanen bagi remaja di Desa Barus Jahe, Kabupaten Karo. Kegiatan ini adalah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan didanai oleh BOPTN Unimed. Kegiatan ini diketuai oleh Bapak Dr. Lamhot Basani Sihombing, M.Pd., dan beranggotakan Bapak Dr. Pulumun Peterus Ginting, S.Sn., M.Sn.,  Bapak Dr. Yakobus Ndona, S.S., M.Hum., Ibu Frinawaty Lestarina Barus, S.Pd., M.Pd., dan dibantu oleh beberapa mahasiswa diantaranya adalah Fillinlife Ginting, Markus Tarigan, Lisa Silvia Br Tarigan, Kayang Widiastuti, dan Melisa Krisdayanti Nainggolan.  Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 15 remaja yang ada di sekitaran Desa Barus Jahe. Barus Jahe, 24 Juli 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Sempurna Barus sebagai Pimpinan Sanggar Perlanja Sira, Desa Barusjahe , dalam sambutannya menyatakan “ Terima kasih sekali kami ucapkan kepada pihak Unimed karena telah melakukan pengabdian di sini, kami sangat senang sekali dan berterima kasih”. Menurut Bapak Sempurna Barus, kegiatan seperti ini belum pernah dilakukan di Desa Barus Jahe. Jadi sangat diharapkan kegiatan seperti ini akan terus dilakukan untuk mendukung pelestarian budaya Karo.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menambah kecintaan remaja Karo  di daerah Barus Jahe terhadap kesenian Karo, khususnya Gendang Telu Sendalanen. Seperti yang diketahui sekarang, bahwa remaja kurang mengenal kebudayaannya. “Oleh sebab itu, perlu digalakkkan lagi pengenalanan akan kesenian Karo, sehingga remaja semakin mengenal dan mencintai budayanya”, ujar Lamhot Basani Sihombing dalam sambutannya.

Kegiatan PKM ini akan berlangsung selama lebih kurang dua bulan, hingga september 2022. Setelah mendapatkan pelatihan dan bimbingan diharapkan remaja di Barus Jahe dapat mengenal dan memainkan alat musik Gendang Telu Sendalanen.