Skip links

Tim PKM Dosen UNIMED Tingkatkan Income Generate Desa Sentang, Sergai Melalui Inovasi Pembuatan Abon Kerang

Dosen Universitas Negeri Medan yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM melaksanakan kegiatan pengabdian berupa Program Pembuatan Abon Kerang kepada Ibu rumah tangga Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari 18 Juli sampai dengan 26 September 2022.

Adapun tim PKM UNIMED terdiri dari Dr.Rosramadhana,S.Pd., M.Si., Dr. Sudirman, SE., M.Pd. dan Zulaini, SKM., M.Kes dan dibantu mahasiswa Erlin Nainggolan, Siti Wardani  Nur Azmi, Magdalena N W Manalu dan Zulia Ningsih.

Dr. Rosramadhana, M.Si selaku ketua tim dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan pengabdian ini dilakukan karena bertujuan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra dan kepedulian terhadap daerah pariwisata dan membantu perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga. “Berdasarkan hasil peninjauan kami Kerang merupakan potensi dan khas pada desa Sentang. Karena itulah kami disini akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada ibu-ibu rumah tangga agar dapat mengolah potensi tersebuh sebagai sumber pendapatan daerah pantai sebagai objek pariwisata juga bisa dijadikan brand local sebagai penunjang teknologi tepat guna. Dengan begitu selain dapat menaikkan ekonomi daerah juga dapat membantu ekonomi keluarga,” jelas Dr. Rosramahardana.

“disini kami telah menyiapkan narasumber yang ahli pada bidangnya sebagai fasilitator untuk pendalaman inovasi pemberdayaan perempuan melalui inovasi pembuatan abon kerang untuk meningkatkan pariwisata memberikan pendampingan secara rutin untuk pembuatan abon kerang Metode yang digunakan melalui diagram alur dalam melaksanakan program kegiatan dalam empat tahap utama yaitu perencanaan, organisasi, aktualisasi, serta pengawasan,” ujarnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh Muhammad Azmi selaku Kepala Desa Sentang dalam hal ini sebagai mitra dan sangat berterima kasih kepada tim dosen pengabdi LPPM UNIMED yang telah membantu permasalahan yang dihadapi. Selanjutnya pada akhir kegiatan tim PKM Unimed menyerahkan peralatan pembuatan abon kerang kepada Atun sebagai ketua dan penggerak di desa tersebut. Pada saat penyerahan alat turut hadir dan didampingi oleh Pendamping LPPM Unimed dan masyarakat di desa Sentang. Selanjutnya kepala desa dan kelompok ibu rumah tangga berharap agar kegiatan ini akan terus berlanjut dan melakukan kerjasama  berkelanjutan kedepannya. (Humas Unimed/zr)