Skip links

FMIPA UNIMED Latih Dosen Menggunakan Teknologi Metaverse

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Dosen Dalam Memanfaatkan Teknologi Metaverse Sebagai Inovasi Pengembangan Media Pembelajaran pada tanggal 07 – 09 Juni 2022 di Lab.Komputer, Prodi Ilmu Komputer Jurusan Matematika FMIPA Unimed.

Pelatihan ini diberikan kepada 10 dosen yang merupakan perwakilan dari 10 prodi yang ada di FMIPA Unimed dan 2 mahasiswa PKM yang lolos didanai.  Pelatihan ini dikoordinir oleh dosen ilmu komputer (Ilkom), Dr. Eng. Mansur AS, S.Kom.,M.T dengan melibatkan 5 mahasiswa yaitu Dewan Dinata Tarigan (Ilkom), Muhammad Rheza Palevi (Ilkom), Fitri Aulia (Dik Matematika Bilingual), Karimuddin Hakim Hasibuan (Ilkom) dan Bright Nine Ginting (Ilkom).

Dekan FMIPA Unimed Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si dalam sambutanya menyampaikan “Saat ini teknologi metaverse sedang menjadi perbincangan di dunia. sudah banyak yang industri maupun pendidikan yang memanfaatkan teknologi metaverse ini. dengan teknologi metaverse kita dapat berinteraksi di dalam dunia virtual tanpa dibatasi. di FMIPA Unimed sendiri sudah ada dosen kita yang mulai memanfaatkan teknologi tersebut sebagai media pembelajaran yakni Dr. Eng. Mansur. karena itulah kami pimpinan FMIPA berharap dengan adanya pelatihan ini nantinya 10 dosen perwakilan prodi, dapat mengajarkan Teknologi metaverse kepada seluruh dosen di FMIPA Unimed dan juga di lingkungan UNIMED dengan begitu kita dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa ketika lulus nanti,”.

Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Dekan I FMIPA, Dr. Jamalum Purba, M.Si. Pada kesempatan tersebut Dr. Jamalum menyampaikan bahwa setiap kaprodi memilih 1 dosen sebagai perwakilan prodinya, sehingga terkumpul 10 dosen sebagai peserta pelatihan dan 2 mahasiswa PKM. Wakil Dekan I bidang akademik tersebut mengharapakan seluruh peserta dapat mengikuti tahapan pelatihan dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya mampu melakukan desiminasi atas ilmu yang diperoleh selama pelatihan 3 hari kedepan kepada seluruh dosen di prodinya.  Selanjutnya,

Pada pelatihan teknologi metaverse hari pertama, para peserta pelatihan mempelajari cara mengunduh, menginstal dan menggunakan aplikasi Firestrom Open Simulator yang merupakan platform metaverse. Pelatihan hari kedua, peserta mempelajari  cara mengunduh, menginstal, mengenal fungsi tools dan membuat objek 3D (model 3D) menggunakan aplikasi Blender. Aplikasi Blender digunakan dalam pembuatan objek yang akan dimasukan pada metaverse. Pelatihan hari ketiga, peserta  mempelajari cara memasukkan model 3D yang telah dibuat sebelumnya kedalam metaverse. Selanjutnya peserta mempelajari hal apa saja yang bisa dilakukan pada model tersebut. Langkah terpenting yang harus dilakukan pada model adalah menginjeksi kode program LSL (Linden Scripting Languange) agar model dapat bergerak dan sejenisnya.

Pada acara penutupan pelatihan yang dihadiri oleh perwakilan LPPM, Indah Pratiwi, S.Pd  tim metaverse menyerahkan modul pelatihan kepada WD I FMIPA Unimed.(Humas Unimed/zr)