Skip links

Tingkatkan Kualitas Guru, UPT Bahasa Unimed dan FILBA Gelar Workshop Pendidikan.

UPT Bahasa Unimed bersama Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) menggelar FILBA Workshop Series dengan mengangkat tema “Every teacher is a hero, every hero has a story”. Acara tersebut dilaksanakan di Lt. IV Aula Digilib Unimed pada Selasa (11/06). Dengan narasumber Yuta Otake (Teacher Trainer dari USA).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Erond Litno Damanik, M.Si., dalam sambuatannya, Prof. Erond menyampaikan pentingnya literasi di era digital, khususnya literasi bahasa. Literasi bahasa yang baik memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Hal ini penting untuk menjalin hubungan, bekerja sama, dan mencapai tujuan bersama. Literasi bahasa merupakan dasar untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi. Dengan kemampuan berbahasa yang baik, kita dapat menuangkan ide dan gagasan dengan lebih jelas dan menarik. Hal ini membuka peluang untuk berkarya dan berinovasi di berbagai bidang. Literasi bahasa juga berperan penting dalam membangun masyarakat yang berbudaya. Dengan memahami dan menggunakan bahasa dengan baik, kita dapat menghargai kekayaan budaya bangsa dan menjalin komunikasi antar budaya dengan lebih harmonis. Secara keseluruhan, literasi bahasa dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Dengan kemampuan berbahasa yang baik, kita dapat lebih mudah mengakses informasi, berkomunikasi dengan orang lain, mengembangkan diri, dan berkontribusi pada masyarakat.

Isli menyampaikan Dengan senang hati dan penuh kehormatan, saya menyambut Anda semua dalam rangkaian Workshop FILBA 2024, Setiap guru adalah pahlawan, setiap pahlawan memiliki cerita. Sebagai ketua panitia, saya dengan senang hati menyampaikan salam hangat kepada para pembicara yang terhormat, tamu undangan, dan peserta yang memiliki komitmen yang sama untuk memberdayakan kompetensi guru, khususnya, dan dalam mengembangkan pengajaran narasi.

Pertemuan yang patut dicatat ini menyatukan sekitar 70-an guru dari berbagai jenis sekolah di Medan. Masing-masing dari mereka memainkan peran penting dalam tujuan kita bersama, salah satunya adalah untuk berbagi informasi bahwa pusat bahasa UNIMED, UPT Bahasa tidak hanya menyediakan tes Bahasa berstandar internasional tetapi juga pelatihan dan lokakarya untuk pengembangan kompetensi guru. Hari ini, dengan dukungan dari pembicara yang terhormat, Yuta Otake, perwakilan FILBA, Guru-guru dari Al Ulum, Sekolah AlHijrah, guru-guru dari Adzkia Islamic School, guru-guru dari pesantren Ar Raudatul Hasanah, Paddington Learning and Language Access, guru-guru MAN 1, Sekolah Gajah Mada, UISU, UINSU, dan Boddhicita.

Dalam keprihatinan global saat ini, tantangan dalam pengajaran bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting, dan memahami serta memanfaatkan pengajaran narasi menjadi sangat penting. Sumber daya ini sangat menjanjikan tidak hanya dalam hal meningkatkan kompetensi guru, tetapi juga dalam menemukan potensi dan cara-cara strategis di masyarakat.

Melalui acara ini, kami memiliki kesempatan untuk terlibat dalam diskusi yang mencerahkan, berbagi pengalaman mutakhir, dan bertukar wawasan dan perspektif yang berharga. Dengan membina kolaborasi dan pertukaran pengetahuan di berbagai sekolah dan pemangku kepentingan, jalan baru dapat dibuka untuk memanfaatkan potensi narasi pengajaran yang sukses. (Humas Unimed/eo)