Skip links

Unimed Siap Laksanakan UTBK SNBT Tahun 2024

Universitas Negeri Medan menggelar rapat koordinasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 bersama Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Wakil Dekan, Wakil Direktur, Ka.Biro, Kepala UPT, Kampus dan Sekolah Mitra, serta petugas lokasi dan seluruh panitia, pada Jum’at (25/04). Rapat ini dilaksanakan di Ruang Sidang A Lt. III Gedung Pusat Administrasi Unimed. Hadir 3 lokasi mitra yakni UMSU, SMA N 7 Medan dan SMKS Teladan Medan.

Pusat UTBK Unimed akan melaksanakan UTBK dalam 2 gelombang, gelombang 1 pada tanggal 30 April, 2-7 Mei 2024, dan gelombang 2 pada 14-15 Mei 2024, di 13 lokasi ujian, Kampus Unimed, UMSU, SMAN 7 Medan dan SMKS Teladan Medan. Pelaksanaan UTBK SNBT di Unimed akan diikuti oleh 14.594 peserta yang terjadwal dalam 2 gelombang pelaksanaan UTBK. Sementara peminat jalur SNBT 2024 ini yang memilih Unimed sebagai tujuan untuk kuliah ada 22.974 siswa dari seluruh Indonesia.

Acara rapat koordinasi ini dibuka oleh Wakil Rektor II Dr. Winsyahputra Ritonga, M.Si. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pelaksanaan UTBK SNBT bukan hal baru lagi bagi kita, setiap tahunnya dilaksanakan sebagai salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, khususnya Unimed. UTBK SNBT terdiri dari dua tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan kuantitatif, dan kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan TKA mengukur kemampuan akademik dalam bidang Sains dan Teknologi (Saintek) atau Sosial dan Humaniora (Soshum). Tentunya dalam pelaksanaannya kita harus persiapkan dengan matang, mulai dari sarana dan prasarananya, kebutuhan apa saja yang diperlukan dilapangan, dan kita belajar dari evaluasi sebelumnya, agar pelaksanaan UTBK-SNBT berjalan dengan lebih baik dan sukses.

Kami minta semua penanggungjawab lokasi ujian dan panitia lainnya dapat mempersiapkan semua kebutuhan untuk pelaksanakan UTBK secara maksimal, terutama jaringan internet dan listrik, harus kita optimalkan kedua hal ini tidak ada gangguan nantinya, karena kedua hal ini unsur penting dalam pelaksanaan UTBK, tutup WR2 Dr. Winsyaputra.

Berdasarkan keterangan di website Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ Pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 di Unimed dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 30 April 2024 dan 2-7 Mei 2024, sedangkan gelombang dua pada 14-15 Mei 2024. (Humas Unimed/eo)