Skip links

FE Unimed dan NDHU Taiwan Kolaborasi dalam Kuliah Tamu

Dua profesor dari National Dong Hwa University Taiwan menjadi dosen tamu di acara international guest lecturer 2024 dan potential shoolarship di perguruan tinggi tersebut yang digelar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Jumat (19/04/2024).

Kedua dosen tamu internasional tersebut adalah Prof. Hung, Cia Yun dengan topik the Lewisian turning point dan Prof. Lin, Yan-Shu dengan topik trade policies and foreign direct investment. Selain membahas topik publikasi internasional mereka, kedua guru besar itu juga membuka jalan bagi lulusan FE Unimed dan para dosen yang ingin melanjutkan studi magister dan doktoral di perguruan tinggi tersebut dengan program beasiswa.

Di sela menyampaikan presentasinya, Prof. Lin menjelaskan tentang beasiswa di Dong Hwa University Taiwan. Saat mulai paparan dia menyampaikan beberapa mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang melanjutkan studi di Taiwan lewat beasiswa. Selain bicara tentang program tersebut, Prof. Lim juga menjelaskan budaya warga Taiwan, biaya hidup serta kemudahan mengakses tempat ibadah.

Menurutnya, untuk mengikuti program schoolarship atau beasiswa melalui empat jalur. Yang pertama, katanya, beasiswa kementerian pendidikan Taiwan atau MOE (ministery of education). Kemudian beasiswa melalui NSTC (National Science and Technology Council), lalu ada MoFA (Ministry of Foreign Affairs)  serta NDHU (National Dong-Hwa University). “Seminimalnya lulusan Unimed bisa mengakses yang MoFA,” jelasnya.

Jika kemudian lolos dalam beasiswa tersebut, setidaknya tiap peserta akan menerima mulai dari Rp10 juta per bulan hingga ada yang mencapai Rp50 juta per semester. “Saya kira ini peluang untuk saling bekerjasama,” katanya.

Kehadiran guest lecture dalam acara itu disambut langsung Dekan FE  Unimed Dr. Haikal Rahman, Wakil Dekan I Dr. T Teviana, Wakil Dekan II Akmal Huda Nasution, SE, MSi, serta Wakil Dekan III Dr. Dionisius Sihombing. Selain itu hadir juga para fungsionaris mulai dari ketua jurusan, sektretaris jurusan hingga ketua prodi serta kepala laboratorium dari masing-masing jurusan yang ada di  FE Unimed yaitu akuntansi, manajemen dan ekonomi.

Dalam sambutannya, Dr. Haikal Rahman menyambut baik kedatangan dua profesor tersebut. Apalagi momentumnya bukan hanya untuk menyampaikan hasil penelitian mereka tapi juga membawa misi schoolarship untuk mahasiswa maupun dosen yang akan melanjutkan pendidikan ke Taiwan.

“Ini tentu kita sambut baik. Apalagi memang fokus ke depan adalah mendorong FE Unimed memiliki jaringan luas dalam kancah internasional. Kita harus banyak menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri sekaligus menjadi capaitan dalam indikator kinerja utama (IKU),” kata Dr. Haikal Rahman.

Selanjutnya Dekan menyampaikan terimakasih kepada universitas dari Taiwan tersebut sekaligus mendorong kerjasama yang lebih erat ke depannya. “Kita bisa mendapatkan manfaat dari beasiswa yang tersedia, kemudian juga membuka jalan bagi dosen di FE Unimed untuk melakukan join research dengan perguruan tinggi di Taiwan,” ungkapnya. Dekan FE Unimed itu juga cukup antusias ketika mendengarkan paparan dari Prof. Lin termasuk biaya hidup dan pembiayaan yang diberikan kepada mahasiswa yang memperoleh beasiswa. “Harapannya ke depan ada banyak mahasiswa kita dan para dosen yang menyelesaikan studi doktoralnya di Taiwan,” ungkapnya.

Setelah kata sambutan dari Dekan FE, acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan memorandum of agreement antara program studi ilmu ekonomi dan program studi pendidikan ekonomi FE Unimed yang dalam hal ini ditangani masing-masing ketua prodi yaitu Armin Rahmansyah Nst dan Dr Khairuddin Tambunan dengan department of economic Universitas Dong Hwa Taiwan.(Humas Unimed/ms)