Skip links

Unimed Sambut 173 Mahasiswa Program PMM Angkatan 4 di Samosir

Universitas Negeri Medan menyambut mahasiswa inbound program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan 4 bertempat di Samosir pada Sabtu (24/2). Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah program yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bertujuan mendorong mahasiswa menjadi penggerak perubahan. Banyak manfaat yang diperoleh dari program PMM yakni untuk mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara, menjalin pertemanan dengan mahasiswa dari berbagai daerah dan berkesempatan belajar di kampus lain di Indonesia.

Acara dihadiri oleh Wakil Rektor II Dr. Winsyahputra Ritonga, M.Si., Wakil Rektor III Prof. Dr. Marice, M.Hum., Wakil Rektor IV Prof. Dr. Erond L Damanik, M.Si., Koordinator Perguruan Tinggi Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4, Koordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II , Dr. Winsyahputra Ritonga, M.Si., menyambut hangat kedatangan mahasiswa inbound program PMM angkatan 4 Universitas Negeri Medan. “Kami sangat senang Unimed dapat menjadi bagian dari perjalanan hidup dan menjadi bagian dari kesuksesan adik mahasiswa semua. Kami juga berterima kasih atas kepercayaan telah memilih Unimed sebagai tempat belajar. Proses ini sangat berharga. Kami merupakan generasi emas 2045 mendatang. Diharapkan dengan program ini mahasiswa PMM 4 akan semakin kaya akan wawasan, khazanah nusantara dan bangga menjadi bangsa Indonesia, bawalah hal yang positif dari Sumatera Utara, pergunakan waktu sebaik-baiknya untuk belajar di Unimed dan menjadi mahasiswa yang berkarakter baik,” kata Winsyahputra.

Maya Oktora, M.Hum. selaku Koordinator Perguruan Tinggi Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam laporannya menyebutkan bahwa pada PMM keempat ini diikuti oleh 173 orang mahasiswa PMM 4 Tahun 2024 yang berasal dari 70 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia yang akan mengikuti perkuliahan di 56 Prodi pada 7 Fakultas bersama sama dengan rekan mahasiswa regular di Universitas Negeri Medan. Selain mengikuti perkuliahan, seluruh mahasiswa inbound ini wajib mengikuti mata kuliah khas PMM yakni Modul Nusantara yang merupakan program integrasi budaya dan pariwisata dalam pembelajaran berbasis Problem dan Project Based Learning, yang terbagi dalam 4 seri yakni Kebhinekaan, Inspirasi, Refleksi dan Kontribusi Sosial.

Pada seri Kebhinekaan, mahasiswa diminta untuk mendalami budaya masyarakat setempat dengan tinggal bersama di rumah warga lalu melaporkan hasil pengamatannya di akun masing masing di laman PMM. Setelah itu mereka akan mendalami permasalahan sosial pada daerah tersebut melalui seri Inspirasi yang menghadirkan narasumber ahli, menemukan inti permasalahan dan mengidentfikasi solusi melalui FGD pada seri Refleksi untuk kemudian mengkomunikasian kembali kepada masyarakat dalam seri Kontribusi Sosial. Untuk itu Unimed bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir utk memfasilitasi 173 orang mahasiswa ini untuk mendapatkan pengalaman langsung tinggal bersama masyarakat lokal di 7 Desa Wisata di Kabupaten Samosir. yakni 1. Desa Wisata Huta Tinggi, Desa wisata Hariarapohan, Desa Wisata Lumban Suhi Toruan, Desa Wisata Huta Bolon, Desa Wisata Simanindo, Desa Wisata Siallagan Pindaraya dan Desa wisata Turpuk Limbong. Terdiri dari 7 kelompok yang beranggotakan dari 20-25 mahasiswa perkelompok ini diasuh oleh 1 Dosen dan 1 Liason Oficer yang akan membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan.

Maya menambahkan bahwa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 menerapkan Kegiatan Modul Nusantara. Kegiatan Modul Nusantara memiliki 14 kali kegiatan yang terdiri dari inspirasi, kebhinekaan, dan kontribusi sosial. Kegiatan Modul Nusantara ini akan berlangsung selama satu semester dan didampingi oleh Dosen Modul Nusantara, Dinalestari Purbawati, S.E., M.Si., Akt., dan Riandhita Eri Werdani, S.M.B., M.S.M.

Selaku kepala bidang Dinas Pariwisata Samosir, Sony Panjaitan mengucapkan terima kasih dan berbangga hati karena kedatangan mahasiswa program PMM di Samosir. Kami sangat terbuka dengan masukan dan saran dalam memajukan Samosir. Kehadiran mahasiswa PMM Unimed ini semoga membawa kesan positif bagi adik-adik mahasiswa, manfaatkan kesempatan untuk mengenal budaya, mengenal masyarakat, mengenal suku, mengenal alam dari Provinsi Sumatera Utara, khususnya budaya batak. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan selamat datang di Samosir, Negeri Indah Kepingan Surga. (Humas Unimed/eo)