Skip links

Tingkatkan Mutu, Universitas Nurul Khasanah Kutacane Jalin MoU dengan UNIMED

Universitas Nurul Khasanah (UNH) Kuta Cane, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, pada tanggal 06 Februari 2024, bertempat di Aula UNH menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Medan, yang ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding [MoU]) dan Nota Kesepakatan (Memorandum of Agreement [MoA]). Penandatangan MoU dilakukan langsung rektor kedua kampus, Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd Rektor UNIMED dengan Dr. Yohny Anwar, MM., MH, Rektor UNH. Selain MoU, turut ditandatangani MoA pada bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh kedua LPPM yakni Dr. Hesti Febriasari, M.Hum (Ketua LPPM UNimed) dan Halimatussakdiyah Lubis, S.Tr.Keb., M.K.M.

Dalam sambutannya, Rektor UNH Dr. Yohny Anwar, MM., MH, mengaku senang dan bangga atas kedatangan Rektor UNIMED dan rombongan. Ia mengatakan bahwa kerjasama ini bukan saja bertujuan untuk mengikat silaturahmi antarkedua universitas, melainkan lebih nyata pada implementasi. UNH, lanjutnya, saat ini membina 5 (lima) program studi yang terakeditasi. Kampus ini adalah metamorphosis Akademi Kebidanan (AKBID) yang dirikan pada 2006, lalu berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) pada 2009 dan sejak 2022 berubah lagi menjadi universitas. Oleh sebab itu, menurut Rektor UNH, secara all-out berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder, baik pemerintah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat maupun komunitas. Kami berharap penandatanganan MoU dan MoA ini dapat memicu semangat dan dorongan kami dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di UNH ini. Kami akan banyak belajar dengan UNIMED dalam berbagai hal agar harapan kami dapat tercapai. Atas nama civitas UNH kami menyampaikan terima kasih yang tinggi kami sampaikan kepada pimpinan UNIMED atas terselenggaranya kegiatan kita ini, semoga bermanfaat bagi kedua pihak.

Sebaliknya, Rektor UNIMED, Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama antar perguruan tinggi, bukan saja bertujuan semata-mata mengumpulkan naskah kerjasama, melainkan implementasi nyata dalam tridharma, baik sharing teaching, lokakarya ataupun workshop, pertukaran mahasiswa dan dosen, riset bersama (joint research) maupun publikasi bersama (joint publication). Rektor menambahkan bahwa UNIMED selalu siap bekerjasama dengan lembaga ataupun kampus manapun sepanjang berkontribusi bagi kedua kampus yang mengikat kerjasama.

Selain rektor, rombongan UNIMED yang tiba di Kampus UNH Kutacane adalah Dr. Abil Mansyur, M.Si, Wakil Rektor I, Prof. Dr. Marince, M.Hum, Wakil Rektor III, Prof. Dr. Erond L. Damanik, M.Si. Wakil Rektor IV, Prof. Martina Restuati, M.Si, Sekretaris Senat, Dr. Hesti Febriasari, M.Hum, Ketua LPPM, Dr.des. Suci Pujiastuti, Koordinator Kerjasama, dan Maya Oktora, M.Hum, Koordinator Urusan Internasional. Kehadiran rombongan ini disambut langsung oleh Rektor UNH, Wakil Rektor, Ketua LPPM, Ketua Lembaga Penjamin Mutu, Ketua Program Studi, dan mahasiswa. Setelah penandatanganan naskah kerjasama, rombongan Unimed bertolak menuju Medan mengikuti jalan berliku mengikuti topografi disepanjang Pegunungan Bukit Barisan yang indah dan memesona.(Humas Unimed)