Skip links

Mahasiswa PPG Prajabatan Unimed dilatih Menulis Artikel Ilmiah untuk terbit di jurnal bereputasi

Universitas Negeri Medan menggelar Workshop Pengembangan Ketrampilan Penulisan Artikel bagi Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 1 semester 2 tahun 2023/2024 . Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lantai IV Digital Library Unimed, pada Kamis (01/02).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si. dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Erond Litno Damanik, S.Pd., M.Si., Faisal, S.Pd., M.Pd., Dr. Agung Setia Batu Bara, S.Pi.

Pada sambutanya, Wakil Rektor I Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si. menyampaikan PPG Prajabatan gelombang 1 sudah dilaksanakan dengan baik dan dilanjutkan semester 2 dengan yang lebih baik, Semoga setelah PPG Prajabatan ini selesai para alumni bisa menjadi guru yang ditunggu-tunggu Masyarakat ,PPG Prajabatan sebelumnya banyak yang lulus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tetapi ada juga yang tidak lulus karena tidak mengikuti pemetaan yang dibuat oleh pemerintah, di akhir sambutannya Wakil Rektor berharap Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 punya publikasi 1 jurnal nasional maupun internasional.

Prof. Dr. Erond Litno Damanik, S.Pd., M.Si. dalam paparannya menyampaikan “Mekanisme efektif dalam menuliskan sebuah artikel yaitu Latihan coba dan coba lagi, pada mekanisme yang pertama Latihan mahasiswa dapat mengembangkan dan meningkatkan melalui kontinitas berlatih serta membaca artikel/referensi relevan terlebih dahulu, pada mekanisme yang kedua mahasiswa meningkatkan hasil yang lebih baik dan menerima saran,kritikan dan masukan dari ahli dibidangnya.dan mekanisme yang ke 3 pelajari lagi dan lanjutkan dan pertimbangkan saran,masukan dan kritik dari para ahli. Persiapan manuskrip dan Tips penulisan umum yaitu: Mulailah dengan memikirkan tujuan akhir, Deskripsikan ide, protocol, dan hasil akurat yakni pilar penulisan ilmiah;, Gunakan gambar dan grafik untuk mempermudah dan Hindari Plagiarisme dan kurangi kutipan yang tidak relevan.(Humas Unimed/ms)