Skip links

Unimed Gelar Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun Akademik 2023/2024

Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun Akademik  2023/2024. yang dilaksanakan di gedung Digital Library Unimed. Senin, 11 Desember 2023. Dalam kegiatan tersebut Tim PPG Unimed mengundang Ketua Panitia Nasional UKMPPG Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, yang nantinya akan memberikan penguatan tentang kompetensi guru profesional PPG Prajabatan.  Kegiatan orientasi akademik tersebut dihadiri oleh Rektor Unimed,  WR II, WR III dan WR IV, Jajaran Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Ketua Prodi, Dosen, dan Mahasiswa PPG.

Rektor Unimed, Prof. Dr. Baharuddin S.T., M.Pd., membuka kegiatan ini secara resmi, dalam sambutannya mengatakan bahwa PPG Prajabatan Angkatan II Tahun 2023, ini akan dikuti oleh 192 orang yang tersebar dalam 10 program studi.  Amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 8 menyebutkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Penyiapan Guru sebagai pendidik profesional juga disampaikan pada Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru. Regulasi tersebut melandasi terjadinya reformasi guru di Indonesia dimana guru harus disiapkan melalui pendidikan profesi setelah program sarjana. Sebagaimana kita ketahui bahwa Program PPG bertujuan untuk menghasilkan guru profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pendidik profesional harus mampu menguasai kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam memprediksi, mengantisipasi, dan mengatasi berbagai aspek dan permasalahan yang dihadapi pada dunia pendidikan. Tantangan masa depan Pendidikan kita adalah bagaimana menciptakan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk itu diperlukan guru masa depan yang mampu untuk bekerja dan menginspirasi peserta didik untuk belajar dengan baik

Pembelajaran di PPG tentulah tidak sama dengan pembelajaran pada saat kuliah sarjana (S-1). PPG Prajabatan dilaksanakan melalui perkuliahan dengan masa studi selama 2 (dua) semester/ 1 (satu) tahun. Perkuliahan dimulai dengan kegiatan orientasi kemudian dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan pembelajaran secara simultan baik di kampus, di sekolah, maupun di masyarakat, dan diakhiri dengan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru. Kami minta kepada seluruh peserta agar lebih serius dalam melaksanakan PPG, sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang baik pada saat melaksanakan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKM PPG). Oleh karena itu, kami berharap bahwa peserta PPG dapat belajar dan bekerja sama dengan sungguh-sungguh. Teruslah berdiskusi dengan dosen, guru pamong dan teman sejawat tentang berbagai hal agar memperoleh hasil yang terbaik. Dengan kompetensi yang dimiliki setelah mengikuti PPG diharapkan akan memberikan warna dalam menjawab permasalahan pendidikan bangsa. Lanjut Rektor.

Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi dan penguatan – penguatan terkait kompetensi guru profesional PPG Prajabatan oleh Ketua Panitia Nasional UKMPPG Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, “menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diikuti, karena guru harus memahami apa itu PPG dan mengapa harus mengikuti PPG. Kompetensi Guru Profesional PPG Prajab ada 3 yaitu : Yang pertama, Mengembangkan rencana pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan mewujudkan profil pelajar Pancasila. Yang kedua, Mengembangkan lingkungan belajar dan memfasilitasi peserta didik belajar dengan melibatkan orang tua dan Masyarakat dan yang ketiga mengembangkan diri sebagai guru professional secara berkelanjutan dan menjadi panutan.

“Tantangan masa depan pendidikan adalah bagaimana menciptakan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk itu diperlukan guru masa depan yang mampu untuk bekerja dan menginspirasi peserta didik untuk belajar dengan baik”. ujar Prof. Syawal Gultom.

Dalam laporannya, Ketua Koordinator PPG Unimed, Tiur Malasari Siregar, S.Pd., M.Si. Menyampaikan  Pada gelombang 2 Tahun akademik 2023/2024 di Unimed berjumlah 192 mahasiswa PPG Prajabatan yang menyatakan kesediaan untuk mengikuti program PPG di Unimed. Proses ini mencakup rangkaian pelaksanaan yang melibatkan 32 SKS matakuliah Inti, 4 SKS matakuliah Selektif dan 2 SKS matakuliah Efektif, yang akan dilalui selama 2 semester. Tahap selanjutnya adalah Uji Kompetensi PPG (UKPPG) yang terdiri dari Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (Ukin). Untuk memastikan kesiapan mahasiswa menhgadapi PPG Prajabatan ini, diperlukan pembekalan awal. Oleh Karen itu, kegiatan oriantasi Aakademik Peserta PPG Prajabatan direncanakan akan dilaksanakan selama satu hari .Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada seluruh peserta PPG Prajabatan dan mempersiapkan mereka denganbaik untuk mengikuti perjalanan akademik ini.

Adapun beberapa bidang studi yang akan diikuti mahasiswa PPG Prajab nanti adalah sebagai berikut: Bahasa Indonesia (27 Mahasiswa), Bahasa inggris (1 Mahasiswa), Bimbingan dan Konseling (20 Mahasiswa), Kuliner (8 Mahasiswa), Pemasaran (17 Mahasiswa). PGSD (27 Mahasiswa), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (48 Mahasiswa), Pendidikan Pancasila dan Kewarga Negaraan (11 Mahasiswa), Sejarah (19 Mahasiswa), Seni Budaya (14 Mahasiswa). (Humas Unimed)