Skip links

Pemko Tebingtinggi Siap Dukung Unimed Buka Fakultas Kedokteran

Universitas Negeri Medan terima kunjungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam rangka persiapan menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Daerah (RSUD) Dr. H. Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi tentang Rumah Sakit Pendidikan. Kunjungan ini diadakan di Ruang Rapat Sidang A Lt. III Gedung Pusat Administrasi Unimed pada Senin (11/12).

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd., Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Sekretaris Senat para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro dilingkungan Unimed. Adapun rombongan dari Pemko Tebing Tinggi yakni Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si., Kadisdikbud Idham Khalid, S.KM., M.Kes. dan Kepala RSUD Dr. Kumpulan Pane dr. Irwansyah, beberapa Kadis dan sejumlah Staf Pemko Tebingtinggi.

Rektor Unimed Prof. Baharuddin, menyampaikan terima kasih dalam sambutannya menyampaikan, “Kami sangat berterima kasih dan sangat senang dalam menindak lanjuti pertemuan kita sebelumnya, karna tanpa kerjasama kita sampai ke MoA nanti untuk membuka Fakultas Kedokteran dan seluruh stakeholder yang ada disana. Rencana kita tahun 2024 nanti kita sudah menerima mahasiswa baru untuk Prodi Kedokteran. Dimana rumah sakit sangat penting dalam mendukung kelancaran perkuliahan serta sebagai salah satu wahana yang diperlukan oleh mahasiswa kedokteran nanti. Ini juga menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika membuka prodi kedokteran. Karena dalam pendirian FK dibutuhkan rumah sakit pendidikan utama, rumah sakit pendidikan, dan beberapa wahana pendidikan lainnya.”

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani menyampaikan, “Dalam meninjaklanjuti pertemuan sebelumnya, kami sangat bergembira bisa hadir hari ini untuk melakukan upaya-upaya persiapan kita dalam rangka pembukaan Fakultas Kedokteran Unimed yang akan bekerjasama dengan Kota Tebing Tinggi kaitannya dengan kerjasama Rumah Sakit Pendidikan yang juga kami belum miliki. Dengan hal tersebut kami juga sudah melakukan koordinasi internal baik dalam ruang lingkup Pemko Tebing Tinggi bagaimana kita menyikapi masa depan Tebing Tinggi. Kita harapkan pada sektor kesehatan tidak semata-mata pelayanan wajib atau pelayanan dasar, tapi juga bisa kita dorong menjadi institusi kesehatan yang bisa berbanding untuk lainnya. Sangat besar harapan kami, jika nanti Fakultas Kedokteran Unimed dibangun di Kota Tebing Tinggi dimana ini juga nanti bisa membangun sebuah ekosistem pendidikan yang lebih bagus di Tebing Tinggi.

Kami seluruh pimpinan di Pemko dan DPRD Tebingtinggi sudah komitmen dan menetapkan RSUD Dr.H. Kumpulan Pane akan kita resmikan sebagai rumah sakit pendidikan, guna mendukung pembukaan Fakultas Kedokteran Unimed. Kami berharap niat baik kita ini segera terwujud, kita sama-sama berdoa semoga tahun 2024 Unimed secara resmi membuka FK dan segera menerima mahasiswa baru”. (Humas Unimed/bg).