Skip links

UNIMED Kembali Tambah 19 Profesor, Ini Capaian Luar Biasa

Universitas Negeri Medan mendapat sebuah kabar bahagia dikarenakan pada Senin, 25 September 2023, UNIMED memperoleh 19 Guru Besar/Profesor. Perolehan 19 Guru Besar/Profesor ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi UNIMED karena jumlah ini terbanyak di tahun ini.

Rektor Unimed Prof Dr. Baharuddin, M.Pd. mengucapkan selamat kepada dosen-dosen yang telah berhasil meraih jabatan tertinggi fungsional yaitu Guru Besar/Profesor. “kami pimpinan dan seluruh civitas merasa senang dan bangga atas capaian yang diperoleh para dosen kita. Pengangkatan guru besar adalah pencapaian yang penting dalam dunia pendidikan tinggi dan menunjukkan komitmen UNIMED terhadap penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan,”. Ujar Rektor.

“Prestasi ini merupakan sesuatu yang patut diapresiasi. Pengangkatan guru besar biasanya memerlukan penilaian ketat dan evaluasi terhadap kualifikasi, pengalaman, serta kontribusi akademik dari calon guru besar. Dengan banyaknya dosen yang telah berhasil menjadi guru besar menunjukkan bahwa UNIMED memiliki tim akademik yang berkualitas tinggi dan berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di UNIMED. Ini menunjukkan komitmen UNIMED dalam mengembangkan staf akademiknya dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi,” ungkap Prof. Baharuddin.

Lanjut Rektor UNIMED mengatakan “Dengan adanya 19 guru besar, UNIMED memiliki potensi untuk mengembangkan lebih banyak program akademik dan penelitian yang berkualitas tinggi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan reputasi universitas dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi mahasiswa dan masyarakat. Prestasi ini diharapkan akan berdampak positif pada pendidikan dan penelitian di UNIMED serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan juga dengan perolehan 19 guru besar ini dapat mempercepat UNIMED menjadi PTN BH dan World Class University,”.

Ketua Senat UNIMED Prof. Syawal Gultom mengucapkan selamat atas perolehan jabatan Profesor/Guru Besar yang diraih oleh 19 Dosen UNIMED. “Perolehan 19 Guru Besar ini merupakan terbanyak di tahun 2023 ini dan sesuatu yang membanggakan bagi sivitas akademika UNIMED. Hal Ini menunjukkan bahwa universitas memiliki fakultas, jurusan dan program studi yang produktif dan berkualitas tinggi dalam hal penelitian dan kontribusi akademik. Guru besar adalah posisi akademik tertinggi di perguruan tinggi dan seringkali mereka diharapkan untuk menjadi pemimpin dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Prestasi ini merupakan investasi UNIMED dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul di bidang akademik. Selain itu, ini dapat meningkatkan reputasi UNIMED di tingkat nasional dan internasional. Dengan memiliki 19 guru besar, UNIMED mungkin memiliki berbagai bidang penelitian dan keahlian yang luas, yang dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan masyarakat di sekitarnya. Semoga penghargaan ini memacu lebih banyak prestasi akademik di masa depan dan memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan penelitian,” ujar Prof. Syawal yang merupakan salah guru besar UNIMED dan Tokoh Pendidikan Nasional.

Adapun 19 Guru Besar/Profesor yang diperoleh UNIMED adalah Prof. Dr. Nur’aini, M.S. dalam bidang Ilmu Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Prof. Dr. Masdiana Sinambela, M.S. dalam bidang Ilmu Biologi Ekologi, Prof. Dr. Rahma Dewi, M.Pd. dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof. Dr. Muhammad Yusuf, S.Si., M.Si. dalam bidang Ilmu Kimia Anorganik, Prof. Dr. Indra Kasih, S.Pd., M.Or. dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof. Dr. Budi Valianto, M.Pd dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof. Dr. Erli Mutiara, M.Si. dalam bidang Ilmu Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Prof. Dr. Sabaruddin Yunis Bangun, S.Si., M.Pd. dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof. Dr. Phil. Ichwan Azhari, M.S. dalam bidang Ilmu Sejarah, Prof. Dr. Farihah, M.Pd. dalam bidang Ilmu Teknologi Pendidikan, Prof. Dr. Drs. Albadi Sinulingga, M.Pd. dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof. Dr. Drs. Eka Daryanto, M.T. dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan, Prof. Dr. Ardi Nusri, M.Kes. dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof. Dr. Thamrin, M.Si. dalam bidang Ilmu Teknologi Pendidikan, Prof. Dr. Suprayitno, S.Pd., M.Pd. dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof. Dr. Sampitmo Habeahan, S.Th., M.Th. dalam bidang Ilmu Teologi, Prof. Dr. Ir. Putri Lynna A. Luthan, M.Sc. dalam bidang Imu Manajemen Kontruksi, Prof. Dr. Marice, M.Hum. dalam bidang Ilmu Linguistik, dan Prof. Dr. Ashar Hasairin, M.Si. dalam bidang Ilmu Struktur dan Perkembangan Tumbuhan (humas Unimed/zr)