Skip links

Dosen FIK UNIMED Berikan Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi TKJI Berbasis Anderoid Pada KKG Olahraga Kota Binjai

Pelaksanaan PKM yang dilakukan pada kali ini adalah mengambil topik Tes Kebugaran Jasmani (TKJI) Berbasis Aplikasi bagi KKG PJOK Sekolah Dasar. Ide dasar dilaksanakan kegiatan PKM ini bermula dari banyaknya permasalahan guru SD di Kota Binjai meliputi kurangnya pemahaman guru berkaitan item tes dan tatacara pelaksanaan TKJI yang akan dilaksanakan serta belum adanya aplikasi hasil tes TKJI yang berbasis android diperuntukkan secara umum sehingga nantinya memudahkan guru untuk mendapatkan hasil tes dari setiap siswa.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Prof. Dr. Imran Akhmad, M.Pd. sebagai ketua pengabdi, Drs. Suharjo, M.Pd, Bangun Setia Hasibuan, S.Pd., M.Or dan Amirsyah Putra Lubis, S.Pd., M.Or sebagai anggota dan diikuti oleh beberapa orang mahasiswa dari FIK Unimed. Pada kegiatan ini setiap anggota memiliki peran yang berbeda sejalan dengan maksud dan tujuan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan. Mitra kegiatan tersebut adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK SD di Kota Binjai. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari 10 orang guru SD PJOK yang ada di Kota Binjai.

Pada kesempatan ini Prof. Dr. Imran Akhmad, M.Pd menyampaikan rangkaian kegiatan pengabdian ini terdapat 3 kegiatan penting yang menjadi titik fokus tim pengabdian, yaitu; 1. Pendampingan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra tentang item tes TKJI, 2. meningkatkan pemahaman guru PJOK untuk melakukan penilaian dan penggunaan aplikasi TKJI berbasis android, dan 3. melakukan pendampingan pelaksanaan TKJI kepada siswa serta mengoprasikan aplikasi penilaian sehingga dari pelaksanaan tes TKJI akan menghasilkan skor dan kategori tingkat kebugaran jasmani pada siswa yang di tes.

Pada sesi akhir pengabdian, tim pengabdi menyerahkan satu paket aplikasi penilaian tes TKJI berbasis android yang akan digunakan oleh KKG di Kota Binjai yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam penilaian kebugaran jasmani siswa di KKG Kota Binjai. Harapan dari tim pengabdian bahwa aplikasi ini nantinya digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran jasmani siswa serta aplikasi TKJI berbasis android ini nantinya dapat digunakan bagi seluruh guru PJOK Kota Binjai dan Sumatera Utara. (Humas Unimed)