Skip links

Unimed Gelar Seleksi MTQ dan MKQ Tingkat Universitas

Musabaqah Tilawatil Qur’an merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur’an serta menegakkan syiar Islam. Selain itu, MTQ diyakini dapat memperkokoh nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu Universitas Negeri Medan mengadakan seleksi MTQ dan MKQ Nasional Tingkat Universitas yang dilaksanakan di Gedung Gelanggang Mahasiswa H. Anif Unimed pada Rabu (14/06).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes.,dan dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan III , Direktur Pps, Ketua Lembaga, Kepala Biro yang ada di Lingkungan Unimed, Ketua Panitia, Dewan Juri serta peserta MTQ dan MKQ tingkat Unimed.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rektor Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes menyampaikan pada sambutannya, “Kegiatan yang kita ikuti bersama ini merupakan kegiatan tahunan yang kita laksanakan di kampus Unimed ini. Tujuannya adalah mencari bakat-bakat mahasiswa yang mahir dan berprestasi dalam Membaca dan menafsirkan Al Qur’an, serta Tulis Indah Ayat Al Qur’an. Hasil dari kegiatan kita ini nantinya, akan mewakili Unimed pada event MTQ dan MKQ tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek RI”.

“Oleh karena itu mari kita ikuti dengan sungguh-sungguh dan para dewan juri dalam melakukan penilaian secara objektif. Kita berharap siapa pun yang juara nantinya, itulah yang terbaik di tingkat Unimed dan harus siap mewakili Unimed pada event nasional. Kami pimpinan Unimed siap memberikan dukungan all out kepada semua mahasiswa terutama dalam event MTQ dan MKQ, dan semoga bisa juara membawa nama baik Unimed di kanca nasional”, Lanjut Rektor.

Irwansyah Siregar, M.Pd selaku Ketua Panitia MTQ dan MKQ tingkat Universitas mengatakan kegiatan MTQ dan MKQ ini diikuti oleh 45 orang peserta yang merupakan juara di fakultasnya masing-masing dan selanjutnya akan menjadi perwakilan dari 7 fakultas di lingkungan Unimed. MTQ dan MKQ ini akan mempertandingkan 4 cabang perlombaan yaitu Tilawah (melantunkan ayat-ayat suci dengan berbagai irama), Tratil (membaca ayat-ayat suci secara baik dan benar), Hifzil (menghapal ayat-ayat Alquran) dan Kaligrafi (menulis, melukis, dan mewarnai ayat-ayat Alquran). (Humas Unimed/bg).