Skip links

Dosen Unimed Memberikan Pelatihan Onomatope Musik Tradisi Karo Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya Karo di Desa Barus Jahe

Dosen Unimed memberikan pelatihan Onomatope Musik Tradisi Karo  bagi anak-anak hingga remaja di Desa Barus Jahe, Kabupaten Karo. Kegiatan ini adalah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan didanai oleh BOPTN Unimed. Kegiatan ini diketuai oleh Dr. Lamhot Basani Sihombing, M.Pd., dan beranggotakan Dr. Pulumun Peterus Ginting, S.Sn., M.Sn.,   Dr. Yakobus Ndona, S.S., M.Hum., Frinawaty Lestarina Barus, S.Pd., M.Pd., dan dibantu oleh beberapa mahasiswa.  Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 20 anak-anak hingga remaja  yang ada di Desa Barus Jahe.

Kegiatan ini diawali dengan penyambutan dari pemerhati seni di Desa Barus Jahe Bapak Sempurna Barus, sekaligus sebagai pemilik sanggar Pelanja Sira yang berkontstribusi terhadap pelestarian budaya Karo. Dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak Unimed. Serta mengharapkan pelatihan yang sedemikian rupa untuk tetap melestarikan budaya Karo.

Pelatihan ini diharapkan sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk tetap melestarikan dan mempertahankan budaya Karo. “Melalui onomatope ini musik tradisi Karo akan tetap eksis dan dikenal oleh masyarakat Karo bahkan oleh masyarakat luas”, ujar Lamhot Basani Sihombing dalam sambutannya.

Pengabdian ini akan berlangsung dari bulan Juni hingga akhir Agustus. Setelah mendapatkan pelatihan ini, peserta yang dilatih diharapkan dapat menampilkan musik tradisi Karo dalam bentuk onomatope. (Humas Unimed)