Skip links

Dosen Unimed Beri Pelatihan Pembuatan Pakan Kambing Komplit Silase Dengan Memanfaatkan Limbah Pertanian

Akhir-akhir ini para petani yang memelihara kambing secara alami dengan mengembala/mengangon mulai mengalami kesulitan untuk mendapatkan lahan kosong sebagai tempat mengembala kambing. Selain itu cuaca yang ekstrim seperti hujan yang intensitas tinggi belakangan ini menyulitkan petani untuk mengarit rumput. Pada masa musim kemarau juga mempengaruhi ketersediaan rumput sebagai pakan kambing, sebagian rumput mati kekeringan. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan ini diharapkan dapat mengatasi kebutuhan pakan kambing alami yang sulit diperoleh langsung dari lahan. Pelaksanaan pengabdian ini di Ketuai oleh Hendro Pranoto, S.Pd., M.Si dengan para anggota Dr. Idramsa, M.Si., Dra. Uswatun Hasanah, M.Si dan Dr. Erlintan Sinaga., M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sambirejo Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat dengan Mitra Kelompok Tani Maju Dusun II-A Setia Utama dan Mitra Kelompok Tani Dewi Sri Dusun IV-A.

Menurut Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat target khusus yang ingin dicapai dari kegiatan adalah masyarakat petani yang memelihara kambing dalam Kelompok Tani Maju  agar memiliki: 1).  Pengetahuan tentang pakan kambing, kandungan nutrisi yang ada pada pakan, manfaat pakan bagi pertumbuhan ternak kambing. 2). Ketrampilan membuat pakan kambing komplit silase dari limbah pertanian dengan kualitas yang baik. 3). Sumber daya manusia dengan kualitas yang semakin baik.

Pelatihan pembuatan pakan kambing komplit silase kaya nutrisi yang dilaksanakan pada pengabdian masyrakat ini menggunakan metode praktek langsung dengan tahap, memberikan pengetahuan tentang pakan kambing, bahan dan alat yang diperlukan serta prosedur pembuatannya. Pada kesempatan itu pula turut diserahkan seperangkat mesin pencacah rumput yang diterima oleh Ketua Kelompok Tani Maju Dusun II-A Setia Utama Bapak Suparji dan Kelompok Tani Dewi Sri Dusun IV-A Bapak Suparji. Mesin pencacah ini berfungsi untuk mencacah rumput sebagai bahan baku pembuatan pakan.

Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat oleh Dosen Universitas Negeri Medan merupakan wujud komitmen dalam melaksanakan salah satu tanggung jawab Tri Darma Perguruan Tinggi melalui pendampingan pelatihan pembuatan pakan kambing komplit silase memanfaatkan limbah pertanian. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan analisis situasi dilapangan bahwa masyarakat di lokasi sasaran mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pakan ternak khususnya kambing karena cuaca yang ekstrim. Curah hujan yang tinggi menjadi kendala untuk memperoleh pakan alami, begitu pula jika terjadi kemarau maka jumlah pakan alami yang tersedia sangat terbatas. Pembuatan pakan komplit silase merupakan salah satu alternatif solusi karena pakan yang diproses secara fermentasi dapat disimpan dalam waktu yang panjang dan meningkatkan nilai nutrisi pakan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu 10 juni 2023 di Desa Sambirejo kecamatan Binjai Kabupaten langkat. Kelompok tani yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini, yaitu kelompok tani maju dan kelompok tani Dewi Sri. Tim Dosen yang melaksanakan kegiatan ini diketuai oleh Hendro Pranoto, S.Pd., M.Si beserta tim yaitu Dr. Idramsa, M.Si., Dra. Uswatun Hasanah, M.Si dan Dr. Erlintan Sinaga., M.Si.

Dalam sambutannya, Hendro Pranoto,S.Pd., M,Si menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan agar peternak kambing memiliki pengetahuan kandungan nutrisi pakan alami khususnya yang berasal dari produk limbah pertanian serta memiliki keterampilan membuat pakan kambing komplit silase. Pembuatan pakan dengan metode ini diharapkan dapat meningkatkan nilai nutrisi pakan serta mengatasi kesulitan dalam perolehan pakan sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produkivitas ternak dan tentunya memberikan keuntungan kepada peternak. Menurut kedua kelompk tani yaitu bapak supardi dan bapak supri bahwa kedatangan tim dosen unimed sangat membantu peternak dalam memilih dan memproses pakan dari limbah pertanian untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak mereka. Pada kesempatan itu pula turut diserahkan seperangkat mesin pencacah limbah pertanian kepada kedua kelompok tani untuk memudahkan proses pembuatan pakan komplit silase.(Humas Unimed)