Skip links

Dosen Unimed Wujudkan Pelajar Pancasila melalui Pendampingan Pembelajaran Berbasis Metacognitive Strategies bagi Guru MGMP Bahasa Inggris di SMKN 1 Percut Sei Tuan

Tim dosen Universitas Negeri Medan yang diketuai oleh Dr. Masitowarni Siregar, M.Ed. melakukan pelatihan dan pendampingan pembelajaran berbasis Metacognitive strategies bagi guru MGMP Bahasa Inggris di SMKN 1 Kecamatan precut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan.(Sabtu 27/05/2023 )

Pengabdian ini turut dihadiri oleh anggota tim dosen PKM yakni Prof. Dr. Sumarsih, M.Pd. Surya Kelana Putra, S.Pd.I., M.Hum., M.Ag. dan anggota TIM PKM mahasiswa yaitu Indri Oktavani Br Bangun, Dina Aprilia, Octavyola Rani M Damanik, Ridhotul Zulaikha, M.Azra Syam Putra. Dalam pelaksanaan PKM Tim PKM juga berkolaborasi dengan TEFLIN Chapter Sumatera Utara dengan melibatkan TEFLIN Sumatera Utara yakni Ketua TEFLIN Chapater Sumatera Utara Dr. Masitowarni Siregar, M,Ed., Sekretaris TEFLIN Sumatera Utara Dr. Meisuri,(UNIMED) dan pengurus lainnya M.A.,Benny Ichsanda (UINSU), S.Pd., Muhammad Yusuf, S.Pd, M.A (USU),Dra. Siti Zulfah, M.Hum (SMAN 3 Medan)., Nurhafni Siregar, S.Pd., M.Hum (UMN)., Dr. Dewi Kesuma Nst, M.Hum (UMSU).

Dalam kata sambutannya Dr. Masitowarni Siregar, M.Ed, menyampaikan bahwa dalam Kurikulum 2013 yang diupdate ke Kurikulum 2016 memnyatakan bahwa secara khusus, lulusan SMA/MA/SMK/MAK diharapkan Memiliki pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif tentang fungsi sosial, struktur makna (urutan makna atau yang kita kenal dengan struktur teks),dan unsur kebahasaan berbagai teks berbahasa Inggris yang berpotensi mengembangkan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Namundi lapangan, imbuh Dr. Masitowarni Siregar, M.Ed., guru hanya fokus mengajarkan pengetahuan factual, konseptual dan procedural.

Berdasarkan angket yang disebar kepada Guru Bahasa Inggris, guru memiliki pengetahuan yang sangat minim tentang mtacognitive strategies, padahal seharusnya guru harus membekali metacognitive strategies kepada siswa. Kalau dihubungkan dengan profil Pembelajar Pancasila yakni 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif, untuk profil Mandiri metacognitive strategies sangat relevan agar siswa dapat mandiri menyelesaikan masalah dan tanggung jawab belajarnya.

Berhubungan dengan kondisi diatas, Tim PKM Unimed berusaha membekali guru guru Bahasa Inggris SMKN1 Kecamatan Percut Sei Tuan dengan konsep dan praktek pemeblajaran berbasis metacognitive startegies dalma rangka memenuhi tuntutan kurikulum yanga sedang dijalankan saat ini dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia, pungkas Dr. Masitowarni Siregar, M.Ed.
Drs. Harri Purwoko, M.Pd. Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik SMKN1 Percut Sei Tuan, menyampaikan terimakasih kepada Tim PKM Univesitas Negeri Medan. Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik kenyataannya di lapangan kemampuan Bahasa Inggris siswa sangat rendah karena siswa merasakan belajar Bahasa Inggri itu sulit. Untuk itu Wakasek berharapa kehadiran Tim PKM Unimed dapat menjadikan pembelajaran Bahasa Inggris lebih baik dan efektif dan guru dapat menigkatkan kualitas pembelajaran(Humas Unimed)