Skip links

Dosen Unimed Beri Pendampingan Guru IPA Kab. Langkat agar Terampil Terapkan Pembelajaran Berbasis STEAM

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan melakukan pendampingan optimalisasi pembelajaran berbasis Steam Guru IPA di Kabupaten Langkat, pada Kamis (25/05). Dilaksanakan di di Aula Hotel Grand Stabat Jl. KH. Zainul Arifin No.12, Kwala Bingai, Kec. Stabat, Kabupaten Langkat. Program ini diketuai oleh Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dengan anggota tim yaitu Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si., Dr. Ani Sutiani, M.Si., Dr. Hermawan Syahputra, M.Si., dan Wasis Wuyung Wisnu Brata, M.Pd.

Pelatihan ini diikuti oleh 54 orang yang terdiri dari guru-guru IPA di Kabupaten Langkat. Kegiatan berlangsung selama 1 (satu) hari dengan durasi 4 (empat) jam. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketrampilan dan pemahaman peserta meningkat terkait penggunaan pembelajaran berbasis STEAM.

Selaku Ketua Tim PKM Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan “dengan mengikuti pendampingan ini, guru-guru diharapkan memiliki keterampilan membuat proyek pembelajaran IPA dengan mengintegrasikan bidang Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics. Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) adalah solusi kompleks untuk mengembangkan sebuah pembelajaran yang bermakna, menarik, menantang, solutif, dan mengasah lebih banyak kemampuan peserta didik. Untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif, guru maupun murid harus memiliki media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Kami tim pengabdian berharap agar kegiatan pendampingan ini dapat bermanfaat bagi guru-guru, terutama guru IPA dalam melaksanakan proses PBM yang mampu mencapai semua tujuan pembelajaran, dan mampu melatih para siswa untuk semakin kreatif, aktif dan kolaboratif dalam tim kelompok belajar. Selain itu kegiatan ini kita harapkan juga mendukung peningkatan mutu SDM guru dan kualitas pendidikan di Kabupaten Langkat.

Dilatarbelakangi Guru IPA di Kabupaten Langkat yang mengalami kesulitan dalam penggunaan media pembelajaran STEAM, sama halnya dengan siswa-siswi masih belum menggunakan media belajar berbasis STEAM tersebut. Maka kami melakukan pendampingan optimalissi pembelajaran berbasis STEAM Guru IPA di Kabupaten Langkat. Humas Unimed/eo)

Leave a comment