Skip links

UNIMED Gelar Rapat Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pelaksanaan SNBP Tahun 2023

Didalam kesempatan pada rapat ini kita gunakan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan SNPMB khususnya pada jalur SNBP agar kita dapat mendapatkan masukan-masukan agar pelaksanaan jalur SNBP pada tahun mendatang dapat berbeda dari yang lain tetapi tanpa menjauhi aturan-aturan yang berlaku pada PERMENDIKBUDRISTEK nomor 48 Tahun 2022,” ujar Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang pada pembukaan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2023 di Le Polonia Hotel Medan (04/05/2023).

Rapat Evaluasi ini diikuti oleh Dekan, Ketua Lembaga, tim penilai Portofolio, perwakilan kepala sekolah, pimpinan perguruan tinggi mitra, dan panitia SNBP Unimed. Rapat ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni 4 – 5 Mei 2023.

Dalam laporannya ketua panitia Pelaksanaan SNBP UNIMED Dr. Abil Mansyur, M.Si. mengatakan “Keseluruhan tahapan SNBP tahun 2023 berjalan dengan baik dan lancar. Jumlah calon mahasiswa pendaftar melalui jalur SNBP ke UNIMED berjumlah 24.941 yang terdiri Pilihan pertama sebanyak 11.243 orang dan pilihan kedua sebanyak 13.707 orang. Daya tampung SNBP yang disediakan UNIMED berjumlah 2.547 mahasiswa atau hanya 10.21% dari total calon mahasiswa yang mendaftar.

Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D ketika membuka acarajuga menyampaikan bahwa peminat Universitas Negeri Medan sangatlah banyak, peserta SNBP yang lulus ke UNIMED juga meningkat dibandingkan tahun lalu sehingga kita masuk 11 besar Nasional untuk PTN dengan penerima peserta terbanyak.

“Banyaknya peminat ini dapat dilihat dari persaingan yang sangat ketat pada tiga prodi UNIMED yakni pada prodi PGSD pada Fakultas Ilmu Pendidikan serta prodi Manajemen dan akuntansi pada Fakultas Ekonomi, ketiga prodi inilah tingkat persaingan yang paling tinggi,” ujar Prof. Manihar.

Lanjutnya Prof. Manihar berkata bahwa UNIMED telah mendapatkan calon mahasiswa terbaik 914 sekolah dari 12 provinsi yang tersebar di kabupaten/kota. “Untuk penerimaan mahasiswa baru kita juga tetap membuka melalui jalur kerjasama dan mahasiswa internasional tetapi para calon mahasiswa tetap harus mengikuti tes melalui jalur Seleksi Mandiri hal ini juga berlaku bagi mahasiswa jalur kerjasama dan internasional yang ingin mengambil S2 dan S3 ke UNIMED semua harus melalui tes,” ungkap Wakil Rektor IV.

“Kita berharap dengan rapat ini kita dapat menindaklanjuti seluruh masukan-masukan yang didapat untuk tahun berikutnya dan menjadi refleksi pada pelaksanaan UTBK SNBT yang akan dilaksanakan mendatang pada tanggal 08 – 14 Mei 2023 dan juga untuk Seleksi Mandiri UNIMED,” tutup Prof. Manihar Situmorang.(Humas Unimed/Zr)