Skip links

UNIMED Persiapkan Pelaksanaan PPG Daljab Kategori II Tahun 2022

Universitas Negeri Medan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kategori II Kemendikbudristek Tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid yakni dilaksanakan secara daring dan luring. Pelaksanaan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom sedangkan luring dilaksanakan di Hotel Karibia. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari 21 sampai dengan 23 Agustus 2022. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rektor, Ketua Senat, Wakil Rektor, Ketua prodi, dosen pengampuh PPG, guru pamong dan admin kelas.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom ketika membuka kegiatan menyampaikan bahwa Persiapan pelaksanaan PPG dalam jabatan Kategori II Unimed tahun 2022 telah dimulai beberapa waktu yang lalu. “Dimulai dengan tahap penetapan peserta, kegiatan lapor diri oleh peserta PPG dan juga Pembelajaran Mandiri. Setelah itu, kita akan segera melaksanakan kegiatan Orientasi Awal mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022. Adapun struktur kurikulum PPG dalam jabatan yang kita ketahui, bahwa peserta PPG akan melaksanakan pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, dan para peserta PPG juga akan melaksanakan PPL, kemudian terakhir mereka akan melaksanakan Uji Kompetensi,” ujar Dr. Syamsul.

Pada kegiatan ini Rektor berharap para peserta yang terdiri dari kaprodi, dosen, guru pamong dan admin kelas agar mendiskusikan bagaimana persiapan yang harus dilakukan dalam menghadapi PPG tahun ini. “Mari kita laksanakan keputusan hasil diskusi dan persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menyusun dan menyukseskan pelaksanaan PPG dalam jabatan kategori II tahun 2022,” Tutup Rektor.

Prof. Syawal dulu PPG ini dikenal dengan nama PLPG tetapi seiiring perkembangan dan perlunya adanya guru profesional. “Dulu guru belum menjadi sebuah profesi berbeda dengan dokter maka dengan itu diadakan PPG Dalam Jabatan ini. Dengan hadirnya PPG ini diharap guru-guru di indonesia dapat menjadi guru profesional yang dapat mencetak siswa-siswa yang hebat,” ujar Prof. Syawal.

Lanjutnya Prof. Syawal mengatakan untuk menjadi guru yang profesional harus menguasi dengan konten-konten yang berkembang sekarang yakni technological content, pedagogical content, advence content dan lainnya. “untuk mengubah pendidikan maka hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah mindset karena itulah High Order Thinking Skill atau yang disebut HOTS adalah tema pertama yg diintegrasikan pada PPG ini. Di PPG ini mari kita memberikan yang terbaik kita harus dapat memberikan warisan yang bagus kepada peserta PPG agar mereka dapat menjadi guru yang dapat mencetak anak yang pembelajar. Bapak/ibu kaprodi selepas rapat ini buatlah kesepakatan dengan dosen yang mengajar ppg untuk membuat ppg ini lebih baik dengan kesepakatan materi, proses, dengan begitu para guru ini dapat memiliki warisan termahal ketika selesai mengikuti PPG yakni memiliki kapasitas belajar, kesiapan mengikuti ujian,” ujar Ketua UKMPPG Nasional Prof. Syawal.

Ketua Prodi PPG UNIMED Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si. dalam laporannya menyampaikan bahwa PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 akan dilaksanakan dalam 2 (dua) kategori, yaitu KATEGORI I kelompok guru (mahasiswa PPG) yang telah diangkat menjadi guru hingga tahun 2015, dan KATEGORI II kelompok guru (mahasiswa PPG) yang telah diangkat menjadi guru sejak tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019. Dalam pelaksanaannya kedua KATEGORI ini berbeda pada beban belajar yang harus diikuti oleh mahasiswa PPG.

Lanjutnya Ketua Prodi PPG tersebut juga menjelaskan bahwa untuk KATEGORI I mahasiswa akan mengikuti PPG Dalam Jabatan dengan beban belajar 12 SKS, dan KATEGORI II mahasiswa akan mengikuti PPG dengan beban belajar 18 SKS. PPG Dalam Jabatan KATEGORI II akan mulai dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2022 untuk 17 bidang studi yaitu Guru Kelas SD (525 mahasiswa), Guru Kelas PUAD/TK (34 mahasiswa), Bimbingan Konseling (70 mahasiswa), Ekonomi (35 mahasiswa), Akuntansi dan Keuangan (32 mahasiswa), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (70 mahasiswa), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) (32 mahasiswa), Sejarah (35 mahasiswa), Geografi (35 mahasiswa), Bahasa Indonesia (35 mahasiswa), Bahasa Inggris (70 mahasiswa), Seni Musik (35 mahasiswa), Teknik Otomotif (70 mahasiswa), Teknik Geomatika dan Geospasial (4 mahasiswa), Kimia (35 mahasiswa), Biologi (34 mahasiswa), dan Fisika (34 mahasiswa). «Secara keseluruhan mahasiswa PPG Dalam Jabatan KATEGORI II berjumlah 1185 mahasiswa. Rangkaian Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan ini meliputi beberapa tahapan antara lain: Orientasi Akademik, Pendalaman Materi (6 SKS) yang dilaksanakan dalam 14 hari efektif, Pengembangan Perangkat Pembelajaran (5 SKS) yang dilaksanakan dalam 23 hari efektif, Uji Komprehensif yang dilaksanakan dalam 3 hari efektif, dan PPL (7 SKS) yang akan dilaksanakan dalam 54 hari efektif, dan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) yang meliputi Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (Ukin),» tutup Dr. Abil.(Humas Unimed/zr)