Skip links

Dosen FIK Unimed Lakukan Pendampingan KKG Guru PJOK Membuat Karya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis IT di Kota Binjai

Dosen FIK Universitas Negeri Medan bersama 2 mahasiswa melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai tentang perancangan perangkat pembelajaran PJOK berbasis aplikasi animasi dengan judul “Pendampingan Manajerial Perangkat Pembelajaran Sekolah Berbasis Aplikasi Pada KKG Olahraga Kecamatan Binjai Selatan”.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dr. Imran Akhmad, M.Pd. sebagai ketua pengabdi, Dr. Suharjo, M.Pd., Dr. Rahma Dewi, M. Pd, dan Dr. Afri Tantri, M.Pd. sebagai anggota, beserta 2 orang mahasiswa dari FIK Unimed. Kesemua anggota memiliki peran yang berbeda sejalan dengan maksud dan tujuan kegiatan yang dilaksanakan. Mitra kegiatan tersebut adalah Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) yang berada di Kecamatan Binjai Selatan. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari 10 orang guru PJOK yang masing-masing berasal dari Kecamatan Binjai Selatan.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala sekolah SDN 020265 Jl. Bengkulu Kelurahan Rambung Timur Kota Binjai Bapak Indra Gunawan, M.Or. Pada kesempatan tersebut beliau merasa sangat bersyukur atas kesempatan bisa bekerjasama dengan LPPM Unimed dalam membantu meningkatkan kualitas guru PJOK. Harapannya program kemitraan ini terus dilanjutkan di masa mendatang dengan topik yang lebih komprehenship. Pada acara Pelatihan turut hadir juga kepala sekolah SDN 028066 Binjai Utara Bapak Subuno, M.Or. dan sangat mengapresiasi kegiatan kemitraan ini. Beliau juga berharap kegiatan kemitraan ini dapat berlanjut di masa mendatang karena sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan guru PJOK dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT. Selain ini juga para peserta merasa bangga karena perwakilan dari guru yang berada di Kecamatan Binjai Selatan berkesempatan mengikuti pendampingan guna merancang perangkat pembelajaran melalui aplikasi animasi, sehingga dapat membantu memecahkan masalah pembelajaran di bidang PJOK serta tidak menutup kemungkinan untuk matapelajaran lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan ini dilakukan selama 3 kali pertemuan, yang diawali dengan pengenalan macam-macam media pembelajaran, jenis, manfaat dan kegunaan dalam pembelajaran PJOK melalui kagiatan seminar. Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan perancangan media pembelajaran berbasis aplikasi animasi bidang PJOK melalui kegiatan workshop dan diakhiri presentase hasil kerja rancangan aplikasi animasi. Setiap peserta diwajibkan mengunggah karya inivasinya ke Yutube sekaligus para guru dibekali teknik menggunggah konten video ke akun youtube.

Ketua PkM Dr. Imran Akhmad, M.Pd mengatakan bahwa alasan mengapa kegiatan ini penting karena saat ini pembelajaran dilakukan masih secara daring. Material dasar adalah media berbasis Aplikasi Animasi. Sebahagian besar guru yang bergabung dalam KKGO Kecamatan Binjai Selatan memiliki keterbatasan keterampilan dalam merancang media pembelajaran berbasis Aplikasi Animasi yang nantinya dipergunakan dalam pembelajaran PJOK. Dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Animasi menjadi salah satu sarana perangkat pembelajaran yang akan digunakan oleh guru pada pembelajaran daring, atau dengan kata lain potensi kegagalan pembelajaran PJOK cukup besar ketika mengabaikan Aplikasi Animasi sebagai media pembelajaran.(Humas Unimed)