Skip links

Mahasiswa UNIMED Dampingi Santri Pasantren Salalimul Fudholah Bahsarimah Budidaya Larva BSF

Mahasiswi Universitas Negeri Medan yang tergabung dalam kelompok PKM PM melakukan inovasi pemanfaatan pada limbah kontoran kambing menjadi media budi daya larva BSF (Block Soldier Fly) di pesantren Salalimul Fudholah Bahsarimah.

Kelompok ini sendiri diketuai oleh Bismi Amrina (Pendidikan Biolobi Billingual 2019) dan beranggotakan Syifa Khairunnisa (Pendidikan Fisika Billingual 2019), Nurul Ramadan (Manajemen 2020), Syafitri Humairoh (Pendidikan Matematika 2020) dan Siti Alif Al Zuhrah (Pendidikan Matematika 2020) dengan bapak Dr. Mufti Sudibyo, M.Si sebagai Dosen Pembimbing,

Bismi Amrina mengatakan bahwa kegiatan ini dunisianikan sebagai bentuk kepekaan terhadap kondisi lingkungan pesantrean yang banyak terdapat limbah kotoran kambing. yang bila tidak ditangani dengan baik maka akan menyebabkan pencemaran udara dan dapat menjadi sumber penyakit bagi para santri. Dr. Mufthi Sudibyo, M.Si menyampaikan bahwa Budi Daya Larva BSF ini memiliki potensi yang sangat baik bagi pesantren selain mengurangi limbah kotoran kambing, potensi keberlanjutan usaha Larva BSF juga sangat menjanjikan, sehingga diharapkan nantinya pesantren dapat mencapai kemandirian ekonomi dari keberlanjutan usaha budidaya tersebut.

Hal ini tentunya disambut baik oleh Ustad Saifudin Zainuri selaku pemilik Pemilik Pesantren tersebut. Beliau berharap dengan adanya program kreatif dari mahasiswa ini tidak hanya memberi dampak bagi pesantren tetapi juga bagi para santri, karena beliau yakin ilmu yang diajarkan oleh para mahasiswa nantinya dapat berguna dan dimplementasikan oleh para santri untuk berwirausaha budidaya larva BSF setelah mereka tamat dari pesantren tersebut.