Skip links

LPPM UNIMED Melaksanakan Pelatihan Pengembangan Praktikum Berbasis Lingkungan Menjadi Materi Pembelajaran Daring di Laboratorium IPA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (UNIMED) telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Yayasan Pendidikan Nurul Fadhilah, Bandar Setia, Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Sabtu, 23 Juli 2022. Perguruan Nurul Fadhilah merupakan Sekolah Islam Terpadu yang bertujuan untuk mendidik dan mengembangkan potensi calon-calon pemimpin masa depan yang tidak hanya memiliki akhlakul karimah, namun juga cerdas dan mampu bersaing secara global. Yayasan Pendidikan Nurul Fadhilah ini berdiri sejak Tahun 2014 dan sampai saat ini membuka untuk jenjang pendidikan Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP-IT), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Aktivitas siswa Pendidikan Nurul Fadilah tidak terbatas kepada kegiatan keagamaan seperti hafidz, namun juga variasi lainnya seperti pramuka hingga sains.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN), tim LPPM UNIMED, yang diketuai oleh Dr. Sri Adelila Sari, M.Si dan tiga orang anggota, yaitu Dr. Zainuddin Muchtar, M.Si, Moondra Zubir, Ph.D, dan  Rini Selly, M.Sc melakukan kerjasama dengan Kepala Sekolah SMP IT Nurul Fadhilah, Jamal Kaddis, S.PdI untuk mengembangkan praktikum berbasis lingkungan menjadi materi pembelajaran daring di laboratorium IPA.

Kegiatan ini dibantu oleh 3 tiga orang dosen UNIMED, yaitu Siti Rahmah, S.Pd., M.Sc, Dwy Puspita Sari, S.Pd., M.Pd., Insan Taufik, M.Kom dan 6 orang mahasiswa Jurusan Kimia Unimed, yaitu Muhammad Baghery Rafsanzani, Muhammad Akbar Nugraha, Muhammad Yuda Putra, Deva Permana, Mesi Ayu Andira, dan Putri Octaviani. “

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman guru dalam membuat materi pembelajaran daring dan bagaimana melakukan pembelajaran daring yang inovatif dan mudah digunakan. Sekolah ini dipilih dengan alasan salah satunya bahwa Yayasan Pedidikan Nurul Fadhilah yang melakukan kegiatan Praktikum Bidang IPA. Selain itu, tim LPPM UNIMED juga pernah melakukan pengabdian kepada masyarakat disini sehingga Yayasan ini telah menjadi mitra yang berkesinambungan dalam hal mentransfer ilmu dan saling berbagi pengalaman dua arah, yaitu dari Universitas Negeri Medan kepada Yayasan Nurul Fadhillah, dan sebaliknya,” kata Dr. Sri Adelila Sari, M.Si dalam sambutannya.

Metode pelaksanaan PKM ini dilakukan dengan cara (i) sosialisasi mengenai manajemen laboratorium, dan (ii) workshop dan pelatihan cara melakukan praktikum sederhana berbasis lingkungan, serta inovasi praktikum menjadi materi pembelajaran daring. Beberapa judul praktikum IPA berbasis lingkungan yang dilatih pada kegiatan ini, antara lain (i) bernafas dalam kapur sirih, (ii) rainbow in the bottle, (iii) wow…tulisan ajaib!, (iv) melacak asam basa dengan warna tumbuhan, dan (v) lilin minum air. Kegiatan ini melibatkan 30 orang guru serta 10 orang siswa kelas 11 dan 12.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah SMP IT Nurul Fadhilah, Jamal Kaddis, S.PdI dan diikuti dengan pemberian materi yang berjudul Labroratorium berbasis Lingkungan yang dibawakan oleh Dr. Sri Adelila sari, M.Si. Sesuai dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman guru dan siswa pada pembelajaran praktikum berbasis lingkungan, maka tim LPPM memberikan Buku Penuntun Praktikum IPA Berbasis Lingkungan. Harapannya guru dan siswa dapat melakukan praktikum berbasis lingkungan pada masa yang akan datang.  Setelah itu guru dan siswa diberikan kesempatan untuk praktek langsung melakukan praktikum berbasis lingkungan yang dibagi dalam lima kelompok. Antusiasme guru dan siswa sangat terlihat pada saat  kegiatan berlangsung.

Setelah praktikum berbasis lingkungan selesai, selanjutnya pemberian materi tentang best practice pembuatan video praktikum yang dibawakan oleh Insan Taufik, S.Kom, M.Kom, Dosen Ilmu Komputer, FMIPA UNIMED. Kegiatan yang berlangsung satu hari ini sekaligus melatih guru dapat melakukan pembuatan video praktikum yang praketeknya dipandu oleh Rini Selly, S.Pd., M.Sc, dosen Jurusan Kimia UNIMED.

Berdasarkan testimoni dari beberapa guru peserta kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat menarik, inovatif, merangsang semangat dan inspirasi untuk dapat mengembangkan praktikum berbasis lingkungan bagi guru, baik guru IPA maupun bukan. Selain itu guru dapat menyadari bahwa pembelajaran praktikum berbbasis lingkungan ini juga dapat menumbuhkan kecerdasan emosional dan visual bagi siswa.

Kepala Sekolah SMP IT Nurul Fadhilah, Jamal Kaddis, S.PdI menyambut baik kegiatan ini dan sangat berterimakasih kepada tim pelaksana. Jamal Kaddis, S.PdI mengatakan, “Kegiatan ini sangat baik dilakukan sehingga dapat membantu guru dalam mengembangkan praktikum berbasis lingkungan menjadi materi pembelajaran daring di Sekolah Nurul Fadhilah. Harapannya, kegiatan ini dapat terus berkesinambungan. Beliau mengucapkan terimakasih kepada UNIMED yang telah menyumbangkan alat-alat laboratorium yang terdiri dari mikroskop, bunsen, kaki tiga, kasa, pipet tetes, beaker glass, gelas ukur, timbangan elektrik, batang magnet, jangka sorong, lemari tempat penyimpanan alat-alat laboratorium tersebut, dan alat-alat lainnya.(Humas Unimed)