Skip links

Tim Dosen UNIMED Mengadakan Pelatihan dan Pendampingan bagi Guru-Guru SMP Negeri 27 Medan

Tim PKM (Program Kemitraan Masyarakat) LPPM Universitas Negeri Medan melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru SMP Negeri 27 Medan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video animasi. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2022 serta kegiatan pendampingan dilakukan secara berkelanjutan. Program ini diketuai oleh Ali Akbar Lubis, S.Kom, M.TI, dengan anggota Muhammad Isnaini, M.Pd, Mega Silfia Dewy, S.Pd, M.Pd.T dan Yoakim Simamora, ST, MT, serta mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro yaitu Wahyu Alamsyah, Muhammad Ade Afriansyah, Muhammad Prasandy, Gopalla Bhatta dan Gita Arota Zebua. Kegiatan ini di ikuti oleh 15 orang guru SMP Negeri 27 Medan yang mengampu berbagai mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Bahasa Inggris dan mata pelajaran lainnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini di buka langsung oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 27 Medan yaitu Dra. Sawalina. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat memberikan manfaat bagi pengembangan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat menarik minat dan perhatian siswa dalam pembelajaran. Beliau juga berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan berkelanjutan karena melalui kegiatan ini, para guru bisa mendapatkan pengalaman keilmuan dan informasi baru yang bermanfaat dalam pengembangan kemampuan guru dalam menghasilkan media pembelajaran yang kreatif dan juga inovatif.

Tujuan akhir dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah agar guru-guru SMP Negeri 27 Medan mampu mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta mampu mengaplikasikannya di dalam pembelajaran. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, serta menambah pengetahuan guru dalam mempersiapkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Melalui kegiatan ini, diharapkan juga dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik untuk menerima pembelajaran sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.(Humas Unimed)