Skip links

LPPM Unimed dan Pengkab Pakpak Barat Gelar Persiapan Pembekalan KKN 2022

LPPM Unimed mengadakan Pembekalan Mahasiswa KKN dengan Kabupaten Pakpak barat secara daring melalui aplikasi zoom Meeting pada Senin (18/7). Kegiatan ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Jalan Berutu, S.Pd,MM (Sekretaris Daerah Kab. Pakpak Barat), Dr. Wahyu Triatmojo, M.Pd. (Koordinator KKN Kab. Pakpak Barat).

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FBS Unimed Dr. Abdurrahman Adisaputera, M.Hum. Dan diikuti Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd,,Wakil Dekan III FBS Dr. Marice, M.Hum., Dr Hariadi MKes, Merdy Roy Sunarya Togatorop SPd MSn , juga Amal Al Ghozali Saragih SE serta seluruh DPL di lingkungan Unimed.

Dalam kegiatan ini bertujuan untuk membahas tentang pembekalan Mahasiswa Unimed untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini di Kabupaten Pakpak Barat yang berjumlah 731 mahasiswa yang berasal dari 7 fakulkas.

Dalam sambutanya Dekan FBS Unimed Dr. Abdurrahman Adisaputera, M.Hum menyampaikan ,” Sangat berterima kasih kepada Bupati dan seluruh jajaran Pemkab Pakpak Barat yang telah bekerjasama dengan Unimed . Kami berharap semoga KKN tahun ini bisa dilaksanakan secara langsung dan merasakan abdi nyata di lokasi KKN.” Semoga Mahasiswa kami bisa menjalankan Program KKN sebaik-baiknya dan bisa menyesuaikan diri karena Pakpak Barat memiliki ciri khas tersendiri. Jagalah nama baik Universitas Negeri Medan . Mudah mudahan KKN ini berjalan dengan sukses dan membawa nama baik Unimed dengan Kabupaten Pakpak Barat ke arah yang lebih baik dan lebih sukses serta satu desa yang bangkit dan bisa menjadi kabupaten percontohan bagi kabupaten lainya., Lanjutnya.

Sementara Sekda Kabupaten Pakpak Barat Jalan Berutu, S.Pd,MM Mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setinggi – tinggi nya atas kesempatan yang di berikan ke pada Kabupaten Pakpak Barat untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) karena dengan hadirnya peserta KKN Unimed akan berdampak kepada masyarakat Kabupaten Pakpak Barat dari beberapa segi Pendidikanya atau paling sedikit bagaimana dengan masalah sosial yang bisa mengubah mainset masyarakat atau anak-anak didik di Kabupaten Pakpak Barat.

Lanjut Sekda ,Saya sangat senang dengan adanya KKN ini mudah-mudahan Adik-adik Mahasiswa Unimed nantinya bisa membantu dan menambah pengetahuan bagi masyarakat, khususnya mengubah paradigma dan pola pikir masyarakat yang lebih maju. Kami siap menerima dan siap membantu atau mendukung serta memfasilitasi para Mahasiswa KKN di desa masing masing yang telah ditempatkan di 35 desa.

Dr. Wahyu Triatmojo, M.Pd., Dalam materinya menjelaskan bahwa KKN adalah salah satu ajang mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah secara langsung kepada masyarakat dan KKN itu Bagian dari mata kuliah yang orientasinya membentuk kompetensi mahasiswa lewat capaian-capaian pembelajaran dalam ranah sikap,pengetahuan dan keterampilan. Dan Tujuh Poin penting dalam menjalani KKN yaitu: 1. Etika memasuki desa, 2. Observasu masyarakat, 3. Observasi (kepentingan) sekolah, 4. Observasi kehidupan masyarakat 5. Observasi Kondisi Budaya 6. Observasiproduksi masyarakat 7. Observasi social. (Humas Unimed/ms).