Skip links

Pendidikan Profesi Guru

Ketua Prodi : Dr. Abil Mansyur, M.Si.

 

Visi:

“Menjadi program pendidikan profesi penghasil guru profesional berkepribadian Pancasila yang unggul”

 

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan guru profesional yang berdaya saing;
  2. Melaksanakan penelitian kolaboratif untuk mengembangkan teori, model, dan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif;
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dalam rangka ikut serta memecahkan masalah pendidikan; dan
  4. Mengembangkan jejaring kolaboratif secara nasional dan internasional dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan profesi guru yang berkelanjutan.

 

Tujuan:

  1. Menghasilkan guru yang berkarakter dan memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses dan hasil belajar dalam bentuk hard skills dan soft skills; menindaklanjuti hasil penilaian, melakukan pembimbingan dan pelatihan peserta didik, melakukan penelitian dan mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.
  2. Menghasilkan guru yang memiliki kemampuan komunikasi dan kolaborasi dalam mengembangkan teori, model, dan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif;
  3. Untuk menghasilkan guru yang kritis dan mampu memecahkan masalah Pendidikan melalui keterlibatan aktif dalam penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian; dan
  4. Untuk menghasilkan guru yang berperan aktif dalam jejaring kolaboratif secara nasional dan internasional dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan profesi guru yang berkelanjutan.

 

Sasaran dan Strategi Capaian

Sasaran:

  1. Dihasilkannya lulusan yang profesional, berakhlak mulia, dan berwawasan global;
  2. Meningkatnya kapasitas dan kapabilitas Program PPG Unimed sebagai pelopor pengembangan teori, model, dan metode terbaru bidang pendidikan;
  3. Dihasilkannya ilmu pengetahuan yang secara konkrit memberi sumbangan pada inovasi pendidikan untuk mengantisipasi perkembangan global serta menyelesaikan masalah pembelajaran; dan
  4. Meningkatnya produktivitas dan kerjasama antara dosen, guru, dan mahasiswa sebagai dampak dari impelementasi smart campus dengan suasana akademik yang sehat, modern, dan berbasis digital sesuai perkembangan zaman.

 

Profil Lulusan Dan Capaian Pembelajaran

Profil Lulusan:

Guru professional yang menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki penampilan memesona, berwibawa, tegas, ikhlas, serta disiplin yang mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan.

Capaian Pembelajaran:

SKL Program PPG Unimed dirumuskan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang memuat 4 kompetensi guru (yaitu: kompetensi pedagogik; kompetensi kepribadian; kompetensi profesional; dan kompetensi sosial) dan 4 unsur CPL (yaitu: sikap; pengetahuan; keterampilan umum; dan keterampilan khusus).

Keunggulan Prodi

  1. Menjadi penyelenggara PPG rujukan dalam mengembangkan sistem pembelajaran kependidikan.
  2. Menjadi penyelenggara PPG rujukan dalam pengembangan kurikulum berbasis character building dan perkembangan IPTEKS.
  3. Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan karakter (character building) dan internalisasinya dalam penyelenggaraan pendidikan.
  4. Menjadi pelopor dalam pengembangan budaya mutu, meliputi: mutu pelayanan pendidikan dan pembelajaran, lulusan, dan publikasi.
  5. Menjadi rujukan berbagai hasil penelitian pendidikan di tingkat nasional dan regional.

Struktur kurikulum PPG Prajabatan:

Struktur kurikulum PPG Dalam Jabatan