Skip links

Prof. Dr. Sumarno, M.Pd

Prof. Dr. Sumarno, M.Pd  Tanjungkarang, 20 Maret 1963. Menempuh Pendidikan S1pada jurusan Pendidikan Teknik Mesin di Universitas Sriwijaya (1989), kemudian melanjutkan Pendidikan S2 pada jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan di IKIP Yogyakarta (KPK IKIP Jakarta) (1996). dan menyelesaikan Pendidikan S3 jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (2008).

Pengalaman dalam pelatihan profesional antara lain Pelatihan Surveyor Pemantauan Standar Nasional Pendidikan penyelenggara BSPN (2010), Workshop Integrasi Soft Skill dalam Pembelajaran (2009), Workshop PengembanganSistemPenjaminanMutuPerguruanTinggi (SPMPT) (2008), Pelatihan Audit MutuAkademik Internal (AMAI) (2008), Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional bagi dosen Unimed (2008) dan Workshop peningkatan kemampuan dosen di bidang penulis anartikel ilmiah (2005).

Pengalaman dalam penulisan karya tulis ilmiah atau jurnal  antara lain dengan judul Konstruk Kecerdasan Emosional Siswa SD Kota Medan pada JurnalSekolahDasar, FIP UniversitasNegeri (2015), Employability skill Pada Era Asean Economic Cummnity (Bahan Kajian Untuk Pengembangan Pendidikan Vokasi) pada Prosiding Seminar Hasil Nasional Pendidikan Vokasi (2015), Pengembangan Instrumen Konstruk Kecerdasan Emosional Siswa SD Kota Medan pada Prosiding Seminar Hasil Penelitian Lembaga Penelitian Unimed (2013), Keefektifan Program Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Industri (SMKTI) Dilihat dari Partisipasi lulusan dan Indikator Masa Depan Lulusan pada Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (2013), An Evaluation of the Industrialand Technological  High School (Iths) Program of Bandar Lampung Municipality pada Journal of education, Vol 1, No. 02 (2009), Employability Skills dan Pengaruhnya Terhadap Penghasilan Lulusan SMK  Teknologi Industri pada Jurnal Kependidikan Lemlit Universitas Negeri Yogyakarta (2008), Kompleksitas Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan pada Jurnal Pelangi Pendidikan  Universitas Negeri Medan (2007), dan Analisis Multivariat Perkembangan Employability Skills Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi dan Industri pada Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan LPKM Unimed.  Vol. 13 (2007)

Pengalaman beliau dalam seminar atau lokakarya antara lain sebagai narasumber Lokarya Remodelling Sistem Pembelajaran Micro Teaching Unimed (2008) dan Seminar Nasional Hasil Vucer dan Penerapan IPTEKS yang diselenggarakan oleh DP2M Ditjen Dikti Depdikna.

Pengalaman dalam pengabdian kepada masyarakat antara lain Workshop PenulisanJurnal Online Unimed Berbasis Web (Instruktur) di Unimed (2008),  sebagai Narasumber Remodelling Sistem Pembelajaran Micro Teaching Unimed (2008), sebagai narasumber Workshop Peningkatan Kualitas Dosen Muda dalam Melakanakan Tri Dharma PerguruanTinggi (2009), Workshop Pengembangandan Penerapan dan Validasi Authentic Assessment Melalui Optimalisasi Peran KBK Program HibahKompetensi (PHKI) UniversitasNegeri Medan tahun 2009, Sebagai narasumber Diklat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Muhammadiyah (2009) dan sebagai narasumber Diklat PenelitianTindakan Kelas Bagi Guru di Langkat (2010).